Comscore Tracker

Tips Jitu untuk Millennial yang Kesulitan Menabung, Yakin Pasti Bisa

Demi masa depan, yuk bisa yuk

Jakarta, IDN Times - Memiliki dana darurat menjadi sangat penting sebab dana itu bisa digunakan jika suatu saat keuangan kamu bermasalah. Salah satu caranya untuk memiliki dana darurat adalah dengan menabung, sesuatu yang harus dan wajib dilakukan.

Tapi kenyataannya, di era globalisasi dan serba digital ini, ternyata banyak millennial yang mengeluh karena tidak bisa menabung. Apakah benar millennial tidak bisa menabung? Cek dulu yuk tips jitunya di bawah ini. Demi masa depan lho.

1. Kamu harus menjaga gaya hidup tetap sederhana

Tips Jitu untuk Millennial yang Kesulitan Menabung, Yakin Pasti BisaIlustrasi rupiah (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Co-Founder OneShildt, Budi Raharjo, menyatakan untuk dapat menabung kamu harus menjaga gaya hidup tetap sederhana dan mengutamakan prioritas pengeluaran sesuai kebutuhan.

"Ini adalah cara paling penting untuk menciptakan kebiasaan keuangan yang baik sejak awal," katanya kepada IDN Times, Minggu (20/9/2020).

Baca Juga: Gaji UMP Bisa Nabung Rp30 Juta, Gimana Caranya?

2. Mulai menyisihkan 10-20 persen penghasilan setiap bulan

Tips Jitu untuk Millennial yang Kesulitan Menabung, Yakin Pasti BisaIlustrasi uang. IDN Times/Zainul Arifin

Langkah selanjutnya, kamu harus membuat komitmen khusus menabung. Misalnya dimulai dengan menyisihkan 10-20 persen penghasilan setiap bulan.

"Sisihkan di awal bulan saat menerima penghasilan rutin dengan cara auto debet rekening. Cara ini akan membuat kita merasa dipaksa untuk menabung, menabung memang perlu dibiasakan dan kadang perlu dipaksakan," ujarnya.

3. Sisakan sekitar 5 persen untuk hadiah diri sendiri

Tips Jitu untuk Millennial yang Kesulitan Menabung, Yakin Pasti BisaIlustrasi pemakaian internet (IDN Times/Arief Rahmat)

Beri hadiah kepada diri sendiri dengan menyisakan sekitar 5 persen, penghasilan setahun untuk bersenang-senang dan berbelanja sesuai dengan anggaran ini.

Namun kamu harus memisahkan rekening tabungan untuk keperluan rutin setiap bulan dengan tabungan untuk masa depan.

4. Hindari kartu kredit karena uangnya secara fisik tidak terlihat

Tips Jitu untuk Millennial yang Kesulitan Menabung, Yakin Pasti BisaIlustrasi Kartu Kredit (IDN TImes/Umi Kalsum)

Selanjutnya, kamu harus menghindari kartu kredit karena uangnya secara fisik tidak terlihat dapat mempengaruhi kamu menjadi boros.

Peningkatan penggunaan kartu kredit sama artinya dengan menambah jumlah utang dan justru memberatkan tagihan kamu di masa depan.

Baca Juga: Nabung Rp20 Ribu Bisa Dapat Rp3,7 Miliar, Gimana Caranya?

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya