Comscore Tracker

5 Kondisi Ini Menandakan Keuangan Kamu Tergolong Masih Aman

Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pemasukan ya

Jakarta, IDN Times - Keuangan, walaupun bukan yang segala-galanya, namun sangat penting dalam keberlangsungan kehidupan seseorang. Apabila keuangan bermasalah, biasanya akan merembet ke masalah-masalah berikutnya. Nah, lebih baik sesuaikan gaya hidup dengan kondisi keuangan kamu. Jangan sampai hanya karena mengejar gengsi, segala cara dilakukan hingga akhirnya merugikan diri sendiri.

Berikut ini beberapa tanda bahwa dirimu masih dalam garis aman, artinya kamu sudah menjadi pengatur keuangan yang baik.

1. Bayar tagihan tepat waktu

5 Kondisi Ini Menandakan Keuangan Kamu Tergolong Masih AmanIlustrasi Pembayaran Online (IDN Times/Arief Rahmat)

Kamu aman ketika bisa membayar tagihan tepat waktu karena tidak akan ada uang yang tertumpuk beserta "bunga-bunga" yang kerap kali memberatkan kita dalam membayar tagihan. Hal ini menandakan kamu memang sudah mengalokasikan ke mana saja uangmu akan dialirkan ketika kamu baru menerima gaji atau penghasilan.

2. Punya tabungan yang cukup

5 Kondisi Ini Menandakan Keuangan Kamu Tergolong Masih AmanIlustrasi (IDN Times/Mia Amalia)

Ya, punya tabungan yang cukup untuk digunakan di saat-saat mendesak menjadi salah satu indikasi bahwa kamu sudah bisa mengatur uang dengan baik. Orang yang sudah punya target jumlah tabungan baik itu dalam waktu bulanan ataupun tahunan pasti akan selalu menyisihkan beberapa persen dari penghasilannya untuk ditabung.

Dengan menabung, kamu akan bisa merencanakan masa depan dengan baik. Usahakan untuk menabung di awal, saat kamu baru menerima uang agar tidak terpakai untuk keperluan yang kurang penting.

3. Penghasilan dan pengeluaran seimbang

5 Kondisi Ini Menandakan Keuangan Kamu Tergolong Masih AmanIlustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Kalau kamu mampu menghindari "besar pasak dari pada tiang", itu berarti kamu adalah orang yang bijak dalam menggunakan uang. Sesuaikan gaya hidupmu dengan penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulannya, dan jangan hanya memikirkan gengsi atau ikut-ikutan tren setiap saat.

Baca Juga: 5 Aplikasi yang Bisa Bantu Kalian Berhemat & Mengatur Keuangan

4. Tidak punya utang

5 Kondisi Ini Menandakan Keuangan Kamu Tergolong Masih AmanIlustrasi Utang (IDN Times/Arief Rahmat)

Minim utang juga bisa menjadi penanda bahwa kamu sukses mengendalikan keuanganmu. Jangan sampai, kamu keteteran hanya untuk membayar utang ataupun cicilan yang bertebaran di sana-sini.

Dengan berutang kamu tidak hanya menambah beban finansial tetapi juga beban bagi ketenangan jiwa dan batinmu karena kamu akan selalu terpikirkan cara-cara untuk melunasi utang-utang tersebut. Gunakan saja uang yang kamu punya secukup mungkin agar kamu tidak perlu mengajukan permintaan pinjaman uang kepada siapa pun.

5. Keuanganmu memungkinkan untuk dipakai berinvestasi

5 Kondisi Ini Menandakan Keuangan Kamu Tergolong Masih AmanIlustrasi (IDN Times/Mia Amalia)

Sama halnya dengan menabung, berinvestasi juga menjadi salah satu indikasi bahwa kamu dapat mengatur uangmu dengan baik. Investasi akan membantu kita "menumbuhkan" uang sehingga bisa memberikan penghasilan tambahan lain.

Lebih baik lagi bila keperluan sehari-hari bisa ditutupi dari keuntungan investasi tersebut. Kamu bisa berinvestasi melalui medium apa saja, mulai dari saham, emas, hingga properti.

Baca Juga: Kenali 5 Tanda-Tanda Keuangan Kamu Bermasalah

Nah itu beberapa kondisi yang menandakan bahwa kamu sudah menjadi pengatur keuangan yang baik. Jangan asal mengikuti gengsi saja ya. Hidup sederhana itu juga indah lho.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya