Comscore Tracker

8 Bisnis yang Tahan Banting di Tengah Pandemik COVID-19

Perumahan juga banyak peminatnya

Jakarta, IDN Times – Pandemik COVID-19 masih jadi tantangan besar bagi pelaku bisnis, bahkan sampai sekarang. Namun bisnis di tahun 2021 nampaknya mulai optimis lantaran ada vaksin COVID-19.

Namun daripada kamu masih ragu-ragu dan merasa belum ada dampaknya, berikut ini rekomendasi bisnis yang tetap kuat di tengah pandemik 2020:

Baca Juga: Persyaratan Terbaru Melamar Pekerjaan di BPJS Kesehatan, Termasuk Bali

1. Harga dan penjualan perumahan melonjak di tengah pandemik

8 Bisnis yang Tahan Banting di Tengah Pandemik COVID-19Ilustrasi Perumahan (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut CNN, pasar perumahan tetap bergelora di tahun 2020 meski ada pandemik. Bahkan pandemik disebut satu di antara pendorong utama kekuatan pasar perumahan.

Harga dan penjualan melonjak di tengah pandemik. Karena banyak penduduk kota ingin pindah ke pinggiran untuk menemukan ruang yang lebih besar demi pekerjaan dan sekolah yang lebih banyak dilakukan dari rumah, jelas media itu. Kenaikan ini juga tercermin dalam harga saham beberapa pengembang rumah di Amerika Serikat (AS) termasuk Lennar, DR Horton, Home Depot, Lowe's dan Williams-Sonoma.

Pasar perumahan masih memiliki prospek cerah di 2021 akibat banyaknya kebijakan yang menguntungkan sektor ini. Seperti pemotongan suku bunga oleh Bank Sentral AS, Federal Reserve pada 2020, dan jatuhnya imbal hasil (Yield) obligasi jangka panjang.

Baca Juga: Tanpa Modal Awal, Bisnis Serum Tanaman Ini Laku Ribuan Botol per Detik

2. Industri surya jadi primadona di 2020 akibat semakin meningkatnya kesadaran sosial akan lingkungan yang lebih baik

8 Bisnis yang Tahan Banting di Tengah Pandemik COVID-19

Investor melihat perusahaan bahan bakar fosil sebagai kontributor utama krisis iklim. Mereka juga berani bertaruh, perusahaan tenaga surya adalah bagian penting dari solusi untuk masalah iklim.

Saham-saham perusahaan di industri ini telah melonjak tajam akibat permintaan yang kuat untuk energi matahari, naiknya gerakan investasi Tata Kelola Lingkungan, Sosial dan Perusahaan (ESG) dan optimisme akan adanya perubahan kebijakan iklim Amerika Serikat. Di masa depan, industri ini diyakini semakin diminati, apalagi setelah terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat.

Baca Juga: Tarif Naik! Daftar Lengkap Iuran BPJS Kesehatan per 1 Januari 2021

3. Mata uang kripto (cryptocurrency), termasuk bitcoin, jatuh tajam di awal pandemik Maret 2020 lalu. Tetapi sekarang meningkat tajam

8 Bisnis yang Tahan Banting di Tengah Pandemik COVID-19weforum.org

Namun baru-baru ini, harganya kembali meningkat pesat dan mendekati rekor tertinggi baru di sekitaran 30 ribu dolar sejak saat itu. Di tahun ini, harganya telah meningkat tiga kali lipat.

Investor juga telah berbondong-bondong ke bitcoin karena dolar AS telah melemah akibat berbagai hal, termasuk pemotongan suku bunga Fed menjadi nol.

Pada tahun 2021, bitcoin diyakini menjadi bentuk pembayaran digital yang lebih dapat diterima setelah perusahaan fintech Square dan PayPal mengizinkan pengguna membeli, menjual, dan menyimpan bitcoin.

Baca Juga: [KALEIDOSKOP] Ekonomi Digital Indonesia Subur di Tengah Pandemik

4. Video game diprediksi semakin meledak

8 Bisnis yang Tahan Banting di Tengah Pandemik COVID-19Nintendo.com

Video game dijadikan sebagai sumber hiburan semenjak banyak orang harus tinggal di rumah sepanjang hari. Hal itu menyebabkan meledaknya (Booming) industri video game tahun ini.

Beberapa kesuksesan di industri tersebut bisa terlihat dalam banyak hal. Mulai dari konsol Nintendo Switch yang terjual habis hingga pertumbuhan pengguna pada platform streaming, termasuk Facebook Gaming dan Twitch Amazon. Esports juga ikut meraup keuntungan di saat olahraga tradisional banyak dihentikan untuk sementara waktu.

Menurut laporan, ketika banyak negara menerapkan penguncian (lockdown) pada Maret 2020 lalu, game Nintendo "Animal Crossing: New Horizons" yang baru dirilis langsung mencatatkan rekor penjualan sebesar 26 juta kopi, dengan harga 60 dolar masing-masingnya.

Platform video Google, YouTube juga mencatatkan tahun terbaiknya pada tahun 2020 dengan lebih dari 100 miliar jam tayangan konten game. Di tahun 2021 ini, para ahli juga memperkirakan industri game akan terus tumbuh.

5. Peritel online

8 Bisnis yang Tahan Banting di Tengah Pandemik COVID-19slickdeals.net

Perusahaan ritel besar seperti Walmart atau pengecer online seperti Amazon juga banyak diuntungkan oleh pandemik. Aturan yang mewajibkan orang-orang meminimalisasi kegiatan di luar rumah telah menyebabkan peralihan dalam belanja menjadi ke online.

Bahkan pada 2021, industri ini diyakini akan terus berkembang meskipun ada perlambatan penjualan.

6. Perusahaan teknologi konektivitas semakin dibutuhkan

8 Bisnis yang Tahan Banting di Tengah Pandemik COVID-19Ilustrasi Aplikasi Zoom. IDN Times/Hana Adi Perdana

Industri teknologi berkembang pesat selama pandemik karena layanan cloud dan konektivitas semakin dibutuhkan di dunia. Sebab orang-orang cenderung melakukan semua kegiatannya di rumah.

Pendapatan Netflix melonjak 73 persen dalam tiga kuartal terakhir. Penjualan layanan konferensi video Zoom melonjak 307 persen, dan penjualan Amazon melonjak 67 miliar dolar atau 35 persen dalam tiga kuartal pertama tahun ini.

7. Kreator konten

8 Bisnis yang Tahan Banting di Tengah Pandemik COVID-19(Baim Wong) bangka.tribunnews.com

Pembuat konten jadi sumber hiburan banyak orang di tahun 2020. Platform yang mendukung para pembuat konten ini telah mendapatkan keuntungan yang signifikan.

Unduhan Twitch melonjak 61 persen di seluruh dunia dari Januari hingga November 2020, menurut Apptopia, perusahaan aplikasi seluler dan intelijen bisnis. Patreon, platform sosial dan keanggotaan untuk pembuat konten, tumbuh 43 persen, dan unduhan Cameo, aplikasi yang memungkinkan orang membayar untuk disapa oleh selebriti idolanya, naik 134 persen.

Hal serupa juga terjadi pada aplikasi lainnya, seperti Instagram dan TikTok.

Baca Juga: Tajir Melintir, 10 Seleb Punya Bisnis Vila hingga Resort

8. Layanan streaming semakin diminati karena masyarakat juga banyak yang menonton film di rumah

8 Bisnis yang Tahan Banting di Tengah Pandemik COVID-19Ilustrasi Netflix (IDN Times/Lia Hutasoit)

Layanan streaming seperti Netflix mendapat keuntungan besar selama pandemik. Sebab layanan streaming dapat memberikan hiburan kepada konsumen selama di rumah.

Tahun 2021, industri streaming diprediksi masih diminati apalagi sekarang mereka semakin banyak berinovasi, satu di antaranya keputusan Warner Bros untuk merilis semua filmnya secara bersamaan di bioskop dan HBO Max.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya