Comscore Tracker

Persyaratan Terbaru Melamar Pekerjaan di BPJS Kesehatan, Termasuk Bali

Segera daftar ya semeton

Jakarta, IDN Times – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sebuah lembaga jaminan sosial bidang kesehatan milik pemerintah, membuka lowongan kerja untuk banyak posisi yang akan ditempatkan di seluruh Indonesia.

Sebagaimana tercantum dalam posting-an Instagram BPJS Kesehatan, lembaga tersebut membuka lowongan Pegawai Tidak Tetap (PTT) BPJS Kesehatan sejak 30 Desember 2020. Penerimaan berkas pelamar akan ditutup pada 5 Januari 2021.

Berikut syarat dan kualifikasi melamar pekerjaan di BPJS Kesehatan, termasuk untuk wilayah Bali. Cek yuk lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 6 Lowongan Kerja Terbaru untuk Wilayah Bandung, Posisinya Variatif!

1. Ada beberapa posisi yang dicari

Persyaratan Terbaru Melamar Pekerjaan di BPJS Kesehatan, Termasuk BaliANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Adapun beberapa posisi yang dicari di antaranya adalah untuk bidang kepesertaan dan pelayanan peserta yang termasuk posisi front liner, staf administrasi kepesertaan, staf penanganan pengaduan peserta dan staf penanganan pengaduan peserta di rumah sakit.

Ada juga lowongan di bidang penagihan dan keuangan untuk posisi staf penagihan (telecollection) dan di bidang penjaminan manfaat untuk posisi sebagai staf pengelolaan fasilitas kesehatan primer. Di samping itu, ada juga lowongan di bidang perluasan, pengawasan, dan pemeriksaan peserta untuk posisi relationship officer (RO), staf administrasi perluasan Kepesertaan, dan staf administrasi pemeriksaan.

Tidak hanya itu, ada juga lowongan di bidang SDM UKP untuk posisi staf umum dan kesekretariatan. Terakhir, ada lowongan untuk posisi sekretaris dan staf administrasi yang nantinya akan ditempatkan di kantor kedeputian wilayah dan kantor pusat.

2. Ada tujuh persyaratan yang harus dilengkapi oleh pelamar

Persyaratan Terbaru Melamar Pekerjaan di BPJS Kesehatan, Termasuk BaliIlustrasi Kartu BPJS (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Beberapa persyaratan bagi pelamar di BPJS Kesehatan untuk semua posisi tersebut di antaranya yaitu:

  • Warga Negara Indonesia
  • Belum menikah saat mendaftar
  • Minimal lulusan D3/D4/S1
  • IPK minimal 2,75 skala 4,00
  • Berusia maksimal 25 tahun per 31 Desember 2020
  • Akreditasi Universitas: diutamakan Minimal B untuk universitas negeri dan diutamakan minimal A untuk universitas swasta
  • Pelamar wajib mengunggah foto selfie di Feed Instagram bersama aplikasi Mobile JKN di ponsel pintar dengan menulis caption bertema “Arti Mobile JKN Dalam Keseharianku” serta diakhiri dengan hashtag #MobileJKNlengkapihariku dan wajib melakukan tag serta follow akun resmi @bpjskesehatan_ri.

3. Tahapan mengajukan lamaran ke BPJS Kesehatan

Persyaratan Terbaru Melamar Pekerjaan di BPJS Kesehatan, Termasuk BaliANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Dari posting-an tersebut dijelaskan bahwa pendaftaran dibuka mulai tanggal 30 Desember 2020 hingga 5 Januari 2021. Di mana pada tahap awal mengharuskan peserta melakukan pendaftaran melalui laman resmi BPJS Kesehatan pada menu banner slide rekrutmen.

Selanjutnya, para pelamar diminta untuk mengunggah hasil scan berkas (KTP, Surat Lamaran, CV, Ijazah, Transkrip Nilai, Bukti Keterangan Akreditasi Universitas, Surat Keterangan Sehat dan Surat Bebas Narkoba) melalui cloud seperti google drive/dropbox yang aksesnya tidak dibatasi (public) agar bisa diverifikasi oleh panitia.

Para pelamar juga diminta untuk tidak mengunci atau mem-private akun Instagram karena panitia hanya akan menilai posting-an pelamar yang akun Instagram-nya tidak di-private.

Baca Juga: Daftar Tarif Iuran BPJS Kesehatan per 1 Januari 2021

4. Buka untuk kantor pusat maupun regional

Persyaratan Terbaru Melamar Pekerjaan di BPJS Kesehatan, Termasuk Bali(Petugas melayani warga di Kantor Pelayanan BPJS Kesehatan Jakarta Pusat, Matraman, Jakarta) ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Untuk lokasi dibukanya lowongan ini yaitu mulai dari Kantor Pusat, wilayah Sumatera Utara dan Daerah Istimewa Aceh, wilayah Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi, juga wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Bengkulu.

Selanjutnya ada juga untuk wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, wilayah Jawa Barat, wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, wilayah Jawa Timur, dan wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

Selain itu ada untuk wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Maluku, wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara, wilayah Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat, wilayah Papua dan Papua Barat, dan wilayah Banten, Kalimantan Barat, dan Lampung.

Dalam postingan-nya, BPJS Kesehatan juga mengimbau para peserta untuk waspada terhadap penipuan dan menegaskan bahwa segala proses rekrutmen tidak dipungut biaya apapun.

Lembaga itu juga menyampaikan bahwa pengumuman resmi hanya akan disampaikan melalui website resmi BPJS Kesehatan di https://www.bpjs-kesehatan.go.id. Informasi tentang rekrutmen PTT juga bisa diakses melalui laman http://bit.ly/REKRUTMENPTTBPJSKESEHATAN.

Mengingat batas waktu pengumpulan berkas cukup dekat, segera persiapkan diri kamu ya. Semoga berhasil.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya