Comscore Tracker

Finansial Kamu Akan Membaik Setelah Menikah? Ini 4 Alasannya

Bisa saling membantu nih

Jakarta, IDN Times - Ada banyak faktor yang membuat seseorang akhirnya memilih untuk menunda pernikahan mereka. Salah satunya adalah terkait finansial. Mereka takut nanti akan mengalami persoalan ekonomi apabila belum memiliki pemasukan yang stabil. Pengeluaran yang akan semakin banyak membuat mereka berpikir ulang untuk segera menikah.

Nah ternyata ada pandangan yang berbeda lho. Menikah tidak selalu bearti akan membuat pengeluaran kamu semakin banyak. Justru finansial kamu akan dapat membaik setelah menikah. Benarkah? Berikut ini buktinya:

1. Saling berbagi penghasilan setelah menikah

Finansial Kamu Akan Membaik Setelah Menikah? Ini 4 AlasannyaIlustrasi Uang Kas (IDN Times/Arief Rahmat)

Kalian bisa saling berbagi penghasilan setelah menikah atau joint income. Jadi kalian punya pemasukan yang lebih besar untuk memenuhi keperluan kalian.

Kalian cukup beruntung apabila pasangan sama-sama bekerja, atau salah satunya bekerja sambil mengurus rumah dan mencari tambahan penghasilan.

Perlu dicatat, dengan menikah, maka kamu punya hak mendapatkan tunjangan tambahan dari perusahaan lho. Selain itu kamu juga mendapat potongan pajak lebih kecil dibanding saat single.

Baca Juga: 3 Cara Ini Ampuh Memutus Rantai Sandwich Generation, Kamu Wajib Tahu!

2. Bisa saling mengingatkan untuk menahan diri

Finansial Kamu Akan Membaik Setelah Menikah? Ini 4 AlasannyaIlustrasi menabung (IDN Times/Arief Rahmat)

Kalau kalian punya rencana keuangan dan target-target setelah menikah, kalian bisa saling mengingatkan untuk menahan diri membeli sesuatu yang tidak perlu.

Jadi kalian bisa benar-benar fokus untuk keperluan yang utama, membayar cicilan rumah misalnya.

3. Bisa lebih berhemat saat menikah

Finansial Kamu Akan Membaik Setelah Menikah? Ini 4 AlasannyaIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Kalau saat single kalian masih berpikir untuk membeli keperluan atau barang untuk dinikmati sendiri. Sekarang kalian bisa lebih berhemat dengan membeli barang untuk digunakan berdua, seperti kasur, sofa atau furniture lainnya.

Membayar tagihan seperti listrik atau internet pun lebih hemat karena satu fasilitas dipakai berdua selama kamu tidak boros menggunakannya.

Baca Juga: Dear Pasangan Muda, Mau Tahu Cara Atur Keuangan Rumah Tangga Ideal?

4. Mempermudah persetujuan bank untuk mendapatkan KPR

Finansial Kamu Akan Membaik Setelah Menikah? Ini 4 AlasannyaIlustrasi Perumahan (IDN Times/Arief Rahmat)

Kamu juga akan mendapatkan kemudahan dari joint income tadi untuk mendapatkan persetujuan bank untuk mendapatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Kalau kamu dan pasangan kamu bekerja, cicilan rumah tidak akan terasa sedikit demi sedikit akan terlunasi dalam kurun waktu belasan atau puluhan tahun.

Baca Juga: Tips Menyusun Bujet Keuangan selama Masih Ada Utang

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya