Comscore Tracker

Menteri PUPR Sebut Tol Trans Jawa Akan Disambung Hingga ke Bali 

Telah dipresentasikan di depan investor asal Turki

Jakarta, IDN Times - Tol Trans Jawa saat ini telah beroperasi dan rencananya akan disambung hingga ke Bali. Informasi itu disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono seperti dilansir Antara, Kamis (24/6).

Baca Juga: Tol Trans Jawa Lewati Madiun, Bupati Genjot Potensi Desa

1. Hubungkan ujung barat sampai ujung timur Pulau Jawa

Menteri PUPR Sebut Tol Trans Jawa Akan Disambung Hingga ke Bali ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Menurut Basuki, jalan tol Trans Jawa dengan total panjang 1.350 km yang baru saja tersambung atau dioperasikan pada 2019, menghubungkan ujung barat sampai ujung timur Pulau Jawa.

Potensi investasi di tol tersebut dipaparkan oleh Basuki di hadapan sejumlah pengusaha, kontraktor, dan investor Turki yang hadir dalam Forum Bisnis Konstruksi Indonesia-Turki.

Tidak hanya proyek tol, Basuki juga menyampaikan potensi investasi lainnya di bidang infrastruktur, mulai dari bendungan, tol Trans Sumatera, dan sebagainya.

2. Sudah gelontorkan sekitar Rp396 triliun

Menteri PUPR Sebut Tol Trans Jawa Akan Disambung Hingga ke Bali Ilustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Diberitakan sebelumnya, 4 ruas jalan tol akan diresmikan pada Juni 2020. Merujuk ucapan Basuki, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menggelontorkan investasi untuk jalan tol sekitar Rp396 triliun.

"Progres yang bisa diresmikan pada Juni ini adalah Banda Aceh-Sigli seksi 4 sepanjang 14 km, Pekanbaru-Dumai 131 km, bagian dari Manado-Bitung, dan Balikpapan-Samarinda seksi I-V sepanjang 33 km sudah siap," ucapnya.

Dia mengatakan, ruas tol tersebut yakni Banda Aceh-Sigli seksi IV sepanjang 14 kilometer (km). Kemudian Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km, bagian dari Trans Sumatera Toll Road dan sedang uji layak fungsi. Lalu, Manado-Bitung sepanjang 21 km, dan keempat Balikpapan-Samarinda seksi I dan V sepanjang 33 km sudah siap.

"Mungkin sampai akhir tahun (peresmiannya) yakni Pettarani-Makassar yang baru saja kita selesaikan topping off. Cibitung-Cilincing di JORR dan Kriyan-Legundi-Bunder-Manyar di Jawa Timur. Itu yang siap diresmikan," jelas Basuki.

3. Market sounding untuk investasi baru 10 ruas proyek tol baru

Menteri PUPR Sebut Tol Trans Jawa Akan Disambung Hingga ke Bali Ilustrasi Jalan tol. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Selain itu, Basuki mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan market sounding untuk investasi baru 10 ruas proyek tol baru.

"Jadi Kulon Progo-Yogya-Solo sepanjang 76 km ini proses lelangnya sudah mulai, dan 4 Juni nanti akan proses pemasukan penawarannya. Mudah-mudahan sekitar September-Oktober kalau bisa sudah mulai konstruksinya, dengan pembebasan lahan dulu," ujarnya.

Kemudian, Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya), akses Patimban, Bogor-Serpong, Sentul Selatan-Karawang Barat, Pelabuhan Semarang, Semanan-Balaraja, Cikunir-Karawaci, Cikunir-Ulujami, dan multi lane free flow atau sistem pembayaran di tol tanpa buka pintu.

Baca Juga: Tol Cilacap-Jogja Dibangun Mulai 2022, Kebumen Minta Tiga Exit Tol

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya