Comscore Tracker

Sandiaga Jadikan Bali Contoh untuk 5 Destinasi Superprioritas Lainnya 

Menparekraf kunjungan kerja perdana ke Bali

Jakarta, IDN Times - Pelaku Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Bali disebut menjadi tolok ukur untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemik COVID-19. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Ia menegaskan bahwa Bali sekaligus bisa menjadi contoh untuk daerah lain di tanah air.

“Saya baru saja dilantik sebagai Menparekraf dan saya langsung gercep (gerak cepat) untuk kunjungan kerja perdana dan Bali adalah pilihan utama dalam kapasitas jabatan. Karena Bali merupakan tulang punggung wisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” kata Sandiaga dalam keterangan persnya, Senin (27/12/2020).

1. Semuanya ingin Bali menjadi rujukan utama

Sandiaga Jadikan Bali Contoh untuk 5 Destinasi Superprioritas Lainnya IDN Times/Imam Rosidin

Sandiaga mengaku memiliki tugas khusus dari Presiden Jokowi untuk fokus pada lima destinasi superprioritas. Sandi ingin Bali jadi contoh bagi lima destinasi superprioritas tersebut untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Lima destinasi superprioritas ini justru harus belajar dari Bali karena Bali sebagai world class. Jadi kalau mau mengembangkan itu, kita harus belajar dari segala aspek penyiapan tujuan wisata dari Bali. Semuanya ingin Bali menjadi rujukan utama,” tuturnya.

Baca Juga: Jadi Menparekraf di Tengah Pandemik, Ini Prioritas Sandiaga Uno

2. Sandiaga sebut banyak wisatawan yang rindu untuk berlibur ke Bali

Sandiaga Jadikan Bali Contoh untuk 5 Destinasi Superprioritas Lainnya IDN Times/Rehuel ​Willy Aditama

Sandi menyampaikan bahwa saat ini wisatawan yang rindu untuk berlibur ke Bali. Dia berharap daerah lainnya bisa belajar dari Bali untuk mendorong kebangkitan ekonomi melalui pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Sudah sembilan bulan lebih (pandemik COVID-19) dan kita berharap keunikan Bali yang tidak tergantikan ini, dan kesuksesan Bali yang perlu kita contoh ini, mudah-mudahan negeri kita ini bisa dilindungi untuk kebangkitan dan kepulihan pariwisata dan ekonomi Bali dan Indonesia,” imbuhnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan pihaknya siap menerima masukan dari berbagai pihak untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

“Saya mendorong program inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Dan dalam rangka kolaborasi saya butuh masukan dari juara pelaku ekonomi kreatif. Saya akan pelajari masukan-masukan ini untuk nantinya menjadi bahan kita membangkitkan ekonomi,” jelasnya.

3. Gubernur Bali minta agar pelaku usaha difasilitasi pinjaman lunak

Sandiaga Jadikan Bali Contoh untuk 5 Destinasi Superprioritas Lainnya Ilustrasi Uang Kas (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, Sandi menyampaikan bahwa dalam jangka pendek ini pihaknya akan memperluas dana hibah untuk para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif. Dukungan ini diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi di sektor pariwisata. 

“Untuk jangka pendek ini adalah memperluas dana hibah meliputi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di luar hotel dan restoran dan mencakup banyak elemen ekonomi kreatif,” ujarnya.

Sandi juga mengaku telah menerima permintaan dari Gubernur dan Wakil Gubernur Bali agar pemerintah memfasilitasi para pelaku usaha ini dengan pinjaman lunak. Ia akan berkoordinasi terkait hal ini dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

“Bahwa ada permintaan untuk memfasilitasi pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan dana pinjaman lunak dengan nilai Rp9,9 triliun yang nanti kita diskusikan dengan Ibu Menteri Keuangan,” ucap dia.

Baca Juga: Pemerintah Gelontorkan Rp6,4 Triliun untuk 5 Wisata Superprioritas

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya