Comscore Tracker

4 Negara Tetangga Indonesia Sudah Alami Resesi Akibat COVID-19

Akankah Indonesia tetap bisa bertahan?

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 membuat kegiatan ekonomi hampir di seluruh dunia terganggu. Resesi ekonomi mulai menghantui sejumlah negara, termasuk negara tetangga Indonesia.

Setidaknya ada 4 negara tetangga Indonesia yang sudah jatuh ke jurang resesi. Pertumbuhan ekonomi mereka sudah terkontraksi atau mengalami minus minimal selama enam bulan. Berikut 4 negara tersebut. Akankah Indonesia bisa tetap bertahan?

1. Singapura

4 Negara Tetangga Indonesia Sudah Alami Resesi Akibat COVID-19Ilustrasi Singapura (IDN Times/Sunariyah)

Singapura terjerembap dalam jurang resesi. Hal itu diketahui setelah Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura (MTI) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Negeri Singa anjlok 41,2 persen pada kuartal II 2020.

Institusi itu menyebut ekonomi Singapura terkoreksi secara tahunan (YoY) 12,6 persen memasuki kuartal kedua tahun 2020. Padahal, di kuartal pertama, perekonomian Singapura sudah mengalami penurunan 0,3 persen. 

MTI mengatakan GDP di kuartal pertama mengalami angka negatif karena pemerintah menerapkan semi lockdown yang disebut "Circuit Breaker."

Baca Juga: Luhut Sebut Ada Kemungkinan Indonesia Resesi Bulan Depan 

2. Malaysia

4 Negara Tetangga Indonesia Sudah Alami Resesi Akibat COVID-19Ilustrasi Menara Petronas, Kuala Lumpur, Malaysia (IDN Times/Santi Dewi)

Mengutip S&P global, ekonomi Malaysia jatuh ke dalam jurang resesi usai pertumbuhan ekonominya anjlok -16,5 persen di kuartal II 2020. Pada kuartal I 2020, ekonomi Malaysia minus 2 persen.

Secara tahunan menurut Bank Sentral setempat, ekonomi Malaysia mengalami kontraksi -17,1 persen pada kuartal II 2020. Anjloknya ekonomi merupakan yang pertama sejak krisis keuangan global.

Anjloknya ekonomi di Malaysia menjadi yang terdalam sejak krisis keuangan Asia tahun 1998.

3. Filipina

4 Negara Tetangga Indonesia Sudah Alami Resesi Akibat COVID-19Ilustrasi kota Manila di Filipina. unsplash.com/Charles

Selanjutnya ada Filipina yang mencatat rekor kontraksi terdalam pada kuartal II-2020. Pertumbuhan ekonomi Filipina minus 16,5 persen pada periode April-Juni. Kebijakan lockdown di Filipina mempengaruhi kontraksi ekonomi tersebut.

Pertumbuhan ekonomi Filipina menjadi yang terburuk sejak 1981. Pada kuartal I-2020, pertumbuhan ekonomi Filipina tercatat minus 15,2 persen.

4. Thailand

4 Negara Tetangga Indonesia Sudah Alami Resesi Akibat COVID-19Ilustrasi Temple di Thailand (IDN Times/Dwi Agustiar)

Negara tetangga Indonesia lainnya, Thailand, juga mengalami kontraksi terburuknya dalam dua dekade terakhir. Konsil Pengembangan Ekonomi dan Sosial Nasional mengumumkan pertumbuhan ekonomi Thailand minus 12,2 persen pada kuartal II-2020

Adapun pada kuartal I-2020, pertumbuhan ekonomi Negeri Gajah Putih tercatat minus 1,8 persen.

Baca Juga: Ini Daftar 12 Negara yang Sudah Resesi Ekonomi gegara COVID-19

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya