Comscore Tracker

Jaringan IndiHome Lelet? Dirut Telkom Beri Penjelasan 

Belum bisa dijanjikan peningkatan kualitas yang merata

Jakarta, IDN Times - Belakangan ini, sejumlah konsumen sempat mengeluhkan jaringan salah satu produk PT Telekomunikasi Tbk (Telkom), IndiHome. Jaringan koneksi IndiHome dilaporkan bermasalah, khususnya di area yang menerapkan PSBB dan di wilayah warga yang harus work from home (WFH). 

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Ririek Adriansyah mengatakan akan terus meningkatkan kualitas broadband milik Telkom. Hanya saja pihaknya tidak bisa menjanjikan peningkatan kualitas bisa merata.

"Kita akan melakukan semaksimal mungkin. Tapi coverage semua gak mungkin," ujarnya dalam live Instagram bersama IDN Times, Kamis (4/6).

1. Telkom bakal kembangkan wireless untuk memperkuat kualitas jaringan

Jaringan IndiHome Lelet? Dirut Telkom Beri Penjelasan Ilustrasi pemancar sinyal Indihome (IDN Times/Besse Fadhilah)

Ririek mengungkapkan pihaknya akan mengembangkan wireless untuk memperkuat kualitas jaringan. Menurutnya, kualitas kecepatan wireless tidak kalah dengan teknologi fiber optic. "Kita akan kembangkan itu. Di luar daerah itu kita kembangkan wireless yang speed-nya mendekati fiber optic," tutur dia.

"Kita akan terus sempurnakan. Kita terus improvement termasuk kalau bisa kita remote dari operation center," tambahnya.

Baca Juga: Telkom Optimistis Permintaan Layanan IndiHome Masih Tinggi 

2. Lemahnya jaringan internet karena perubahan traffic

Jaringan IndiHome Lelet? Dirut Telkom Beri Penjelasan Indihome

Secara terpisah, Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan melemahnya jaringan internet Indihome disebabkan adanya perubahan trafik yang cukup signifikan antara massa sebelum dan saat pelaksanaan WFH.

Apalagi, kata dia, banyak aktivitas masyarakat di rumah yang memerlukan konsumsi bandwidth yang cukup tinggi seperti video streaming atau video conference, sehingga masyarakat merasa mengalami penurunan kualitas.

"Hal ini kami kira juga turut dirasakan oleh operator-operator lainnya," ucapnya.

3. Bisa sampaikan keluhan lewat kanal pelayanan pelanggan

Jaringan IndiHome Lelet? Dirut Telkom Beri Penjelasan Peluncuran produk terbaru Indihome (IDN Times/Shemi)

Menurut Arief, pihaknya sudah menyediakan layanan, baik melalui contact center maupun media sosial agar pelanggan dapat menyampaikan keluhan kepada manajemen.

"Kami telah menyediakan kanal-kanal pelayanan pelanggan melalui contact center 147, aplikasi MyIndiHome dan akun media sosial IndiHome jika ada keluhan pelanggan terhadap layanan IndiHome," ucapnya.

Baca Juga: IndiHome Banjir Keluhan karena Jaringan Buruk, Ini Tanggapan Manajemen

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya