Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Ramai di Medsos, Benarkah Pertamina Buka Lowongan Kerja? 

Cek dulu yuk sebelum kamu ikut membagikan informasinya

Jakarta, IDN Times - Informasi tentang lowongan kerja dari PT Pertamina (Persero) ramai dibagikan di sejumlah akun di media sosial (medsos) Facebook. Akun bernama Eza Agil Saputra membagikan info lowongan tersebut dengan narasi "PT PERTAMINA persero sedang membuka lowongan kerja terbaru, silahkan bagi yang berminat dan semoga bermanfaat bagi kalian semua".

Disebutkan dalam postingan tersebut bahwa rekrutmen Pertamina dibuka sampai 10 Februari 2021. Apakah informasi yang dibagikan tersebut benar atau hanya hoaks? Cek dulu yuk kebenarannya. 

1. Lebih dari 20 posisi ditawarkan dalam informasi lowongan kerja tersebut

[CEK FAKTA] Ramai di Medsos, Benarkah Pertamina Buka Lowongan Kerja? Kantor Pusat PT Pertamina (Persero) (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Dalam informasi lowongan kerja tersebut, lebih dari 20 posisi ditawarkan. Mulai dari kepala produksi, operator produksi, hukum, hingga untuk posisi teknik.

Informasi dari lowongan tersebut juga meminta calon pelamar untuk mengirimkan surat lamaran dan berkas ke email info-pcc.pertamina@asia.com. Lowongan ini akan berakhir pada 10 Februari 2021.

Baca Juga: Erick Thohir Angkat Pahala Mansyuri Jadi Wakil Komisaris Pertamina

2. Pertamina pastikan informasi tersebut tidak benar

[CEK FAKTA] Ramai di Medsos, Benarkah Pertamina Buka Lowongan Kerja? Penipuan rekrutmen PT Pertamina (Persero). (Dok. Pertamina)

Saat dikonfirmasi, Pertamina memastikan bahwa pengumuman mengenai pembukaan perekrutan karyawan Pertamina dengan periode sampai Rabu, 10 Februari 2021 tersebut adalah informasi yang tidak benar alias hoaks.

Senior Vice President Corporate Communications Pertamina, Agus Suprijanto, menjelaskan informasi yang beredar saat ini terkait rekrutmen karyawan bukan bersumber dari saluran resmi perusahaan dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Pertamina meminta masyarakat untuk lebih hati-hati terhadap kemungkinan adanya motif penipuan dalam informasi tersebut yang mengatasnamakan Pertamina.

"Pengumuman rekrutmen pekerja yang dilakukan Pertamina selalu disampaikan melalui saluran resmi perusahaan seperti website dan akun media sosial resmi. Untuk itu, mohon dapat diabaikan dan berhati-hati terhadap penipuan," kata Agus dalam keterangan resminya, Minggu (7/2/2021).

3. Waspada bila ada yang meminta uang sebagai syarat untuk pendaftaran

[CEK FAKTA] Ramai di Medsos, Benarkah Pertamina Buka Lowongan Kerja? Aktivitas di Terminal BBM Pertamina Dok. Serikat Pekerja Pertamina Persada IV

Calon pelamar, kata Agus, bisa mendaftar melalui laman resmi Pertamina yaitu https://recruitment.pertamina.com dan langsung dapat mendaftar dalam laman tersebut. Bagi calon pelamar yang memenuhi klasifikasi persyaratan, maka akan secara resmi di email oleh pertamina dengan alamat email yang sama.

“Seluruh program rekrutasi Pertamina tidak dipungut biaya. Sekali lagi hati-hati, jika ada yang meminta uang sebagai syarat untuk pendaftaran,” imbuh Agus.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Benarkah Jakarta Lockdown selama 12-15 Februari?

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya