Comscore Tracker

Jangan Sampai Tertipu! Begini Cara Pilih Partner Bisnis yang Tepat

Selalu hati-hati ya

Jakarta, IDN Times - Secara garis besar, partner bisnis merupakan rekan bekerja yang akan membantu kita mengembangkansebuah usaha. Mengingat betapa tidak mudahnya merintis sebuah bisnis, banyak hal yang harus disiapkan, khususnya dalam memilih seorang partner bisnis. 

Seringkali muncul permasalahan ketika seseorang berpartner dalam membangun maupun menjalankan bisnisnya. Di pertengahan jalan akhirnya mereka berpisah karena tidak lagi merasa cocok atau ada yang merasa ditipu. Akibatnya hal tersebut pun berdampak pada perkembangan perusahaan. Nah, bagaimana cara mengetahui partner bisnis yang tepat? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

1. Pilih yang latar belakangnya berbeda dengan kamu

Jangan Sampai Tertipu! Begini Cara Pilih Partner Bisnis yang TepatIlustrasi tenaga kerja (IDN Times/Sunariyah)

Biasanya kita cenderung nyaman bekerja dengan orang yang memiliki latar belakang yang sama dengan kita. Namun, ada baiknya apabila kita mencari partner dengan latar belakang berbeda. Sebagai contoh, kamu dan partner kamu harus memiliki latar pendidikan yang berbeda.

Dengan latar belakang berbeda, partner akan dapat melengkapi kekurangan kamu dalam merintis dan mengembangkan sebuah bisnis.

Baca Juga: Mau Mulai Bisnis? Ini 10 Tips Sukses yang Cocok untuk Millennial

2. Keduanya harus memiliki visi dan misi yang sama

Jangan Sampai Tertipu! Begini Cara Pilih Partner Bisnis yang TepatIlustrasi tenaga kerja (IDN Times/Sunariyah)

Dalam setiap perusahaan, apalagi baru merintis serta mengembangkan bisnis, visi dan misi merupakan fondasi yang sangat penting.

Jadi kamu harus pastikan partner bisnismu nantinya memiliki visi dan misi yang sama dengan kamu agar tidak tersesat di pertengahan jalan.

3. Cari partner yang memiliki jaringan luas

Jangan Sampai Tertipu! Begini Cara Pilih Partner Bisnis yang TepatIlustrasi untung rugi (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, networking atau jaringan dalam berbisnis juga bisa menjadi penentu suksesnya bisnis yang kamu rintis.

Untuk itu, memiliki partner dengan jaringan bisnis yang luas, tentu akan menambah peluang kesuksesan bisnismu dengan parter kamu.

4. Cari partner yang mau menerima kritikan

Jangan Sampai Tertipu! Begini Cara Pilih Partner Bisnis yang TepatIlustrasi pekerja (IDN Times/Dwi Agustiar)

Tak semua bisnis akan berjalan mulus. Pada kenyataannya, kamu bisa jadi akan menerima banyak kritikan dan saran mengenai bisnis yang sedang kamu rintis atau kembangkan.

Kamu sebaiknya memilih partner dengan sifat terbuka dan mau menerima kritik yang membangun sehingga kamu dan partner dapat memperbaiki segala celah dalam bisnis yang sedang kalian jalankan.

Baca Juga: Mau Buka Bisnis Sendiri? Pisahkan Dulu Tabungan Bisnis dan Pribadi 

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya