Comscore Tracker

Pingin Investasi Tapi Modal Kecil? Ini 4 Cara yang Cocok untuk Pemula 

Gak ada salahnya untuk mulai mencoba

Jakarta, IDN Times - Investasi sesungguhnya tidak hanya dapat dilakukan ketika kamu memiliki modal atau penghasilan yang besar. Nah ternyata ada banyak pilihan investasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan finansial kamu. Saat ini investasi dinilai menjadi salah satu solusi untuk mempersiapkan kehidupan di masa mendatang. 

Agar bisa berinvestasi, kamu tidak harus menunggu waktu sampai penghasilan kamu besar atau tabungan banyak. Bagi yang budget-nya masih pas-pasan, ada jalan keluarnya. Caranya? Berikut ini 4 pilihan yang bisa jadi referensi kamu untuk berinvestasi tapi dengan modal yang kecil.

1. Reksa Dana

Pingin Investasi Tapi Modal Kecil? Ini 4 Cara yang Cocok untuk Pemula IDN Times/Arief Rahmat

Instrumen investasi ini cocok digunakan untuk semua usia yang ingin berinvestasi di produk keuangan dengan harga murah. Dengan modal Rp100 ribu saja, kamu sudah bisa berinvestasi.

Selain tergolong murah, reksadana juga aman karena dikelola oleh Manajer Investasi yang bertugas untuk membaca pasar dan mengatur strategi investasi agar kamu dapat memperoleh cuan.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu & Pasangan Konsisten Menabung Modal Nikah

2. Logam mulia emas

Pingin Investasi Tapi Modal Kecil? Ini 4 Cara yang Cocok untuk Pemula Ilustrasi emas batik purbo negoro (Dok. LM Antam)

Emas merupakan jenis investasi yang relatif stabil dari waktu ke waktu. Mengutip Finansialku, ketika kamu ingin berinvestasi emas, kamu bisa mulai dengan yang gram kecil sehingga tidak membutuhkan modal besar.

Seiring berjalannya waktu, gunakan strategi untuk mendapat keuntungan. Kamu bisa menjual emas saat harga pasar sedang tinggi agar memperoleh keuntungan.

3. Peer to peer landing

Pingin Investasi Tapi Modal Kecil? Ini 4 Cara yang Cocok untuk Pemula Ilustrasi investasi. (IDN Times/Mia Amalia)

Dalam produk investasi ini, kamu akan meminjamkan uang kepada pelaku bisnis. Konsespnya hampir sama dengan obligasi. Timbal baliknya pun kompetitif dari besaran harga waktu ke waktu yang lebih rendah dari harga normalnya.

Tingkat timbal baliknya berada di antara saham dan obligasi negara. Modal investasi di instrumen ini cukup murah mulai dari Rp100 ribu. Namun hanya bisa dilakukan dalam jangka pendek, sebab tenor hanya berkisar 3-24 bulan.

Baca Juga: Mau Buka Bisnis Sendiri? Pisahkan Dulu Tabungan Bisnis dan Pribadi 

4. Forex

Pingin Investasi Tapi Modal Kecil? Ini 4 Cara yang Cocok untuk Pemula Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dollar naik (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk berinvestasi di produk ini, caranya kamu akan menukarkan uang kamu dengan produk mata uang asing yang memiliki margin keuntungan tinggi.

Misalnya kamu menukar Rp1 juta dengan US$100 pada saat ini. Lalu pada saat nilai tukar dolar naik terhadap poundsterling, kamu bisa menukar dolar kamu dan mendapat keuntungan dari sana.

Baca Juga: Cara Jitu Kelola Investasi Saham saat Ekonomi Dihajar Pandemik

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya