Comscore Tracker

Efek Buruk untuk Mesin Bila Sering Gonta-ganti Merek Oli

Cukup pakai satu saja ya

Jakarta, IDN Times – Ada beragam jenis oli, mulai dari oli sintetik, oli semi sintetik, hingga oli mineral. Nah, tentunya masing-masing memiliki kekentalan yang berbeda. Hanya saja kadang apabila terlalu banyak pilihan, akhirnya membuat konsumen jadi bingung, mana sebaiknya yang dipilih. 

Ada pula yang mengatakan bahwa untuk mencari oli yang paling cocok untuk motor kamu, bisa dicoba dulu berbagai merk atau jenis. Setelahnya, barulah diputuskan, mana yang akan digunakan untuk seterusnya. 

Ya, sebaiknya memang tidak begitu sering untuk menggonta-ganti merk oli sebab akan berefek buruk pada mesin. Apa saja efeknya? Cek yuk di bawah ini. 

1. Mesin bisa jadi terlalu cepat panas

Efek Buruk untuk Mesin Bila Sering Gonta-ganti Merek OliIDN Times/Yohanes Nugroho

Mesin panas sepertinya lumrah saja pada setiap kendaraan. Tapi mesin yang terlalu cepat panas ternyata juga bisa disebabkan karena sering mengganti atau mencampur oli dengan merek yang berbeda lho, guys.

Masing-masing merek oli memiliki bahan, karakteristik, dan formula yang berbeda lho sehingga saat oli-oli yang berbeda itu dicampur, sangat mungkin melahirkan senyawa baru yang mengurangi kinerja oli dalam melumasi mesin.

Akibatnya, gesekan komponen mesin tidak akan sempurna dan menyebabkan panas berlebih.

Baca Juga: Mau Ganti Lampu Motor Biar Lebih Terang, Ketahui Tips Berikut

2. Bisa menimbulkan kerak sehingga performa mesin melorot

Efek Buruk untuk Mesin Bila Sering Gonta-ganti Merek Oliyourmechanic.com

Nah, sama seperti sebelumnya, partikel yang bercampur dari oli dengan merek berbeda tadi juga dapat menimbulkan endapan atau kerak. Kerak ini lah yang akan membuat performa mesin melorot. Kalau sudah begitu, mesin motormu mungkin harus diturunkan. Ngeri, kan?

3. Kuras dulu seluruh oli bila ingin ganti ke merk yang lain

Efek Buruk untuk Mesin Bila Sering Gonta-ganti Merek Olifederaloil.co.id

Kalau kamu memang ingin mengganti merek oli kamu, lebih baik bawa motormu ke bengkel, kemudian kuras seluruh oli yang ada di dalam mesin. Setelah itu isi dengan oli baru dengan pilihan merek yang kamu mau.

Nah itu beberapa efek yang bisa timbul apabila terlalu sering gonta-ganti merk oli. 

Baca Juga: 5 Tips Agar Kunci Motor Gak Hilang, Penting Nih!

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya