Comscore Tracker

Arti Logo Garpu Tala Yamaha, Ternyata  dari Produksi Alat Musik Piano

Sudah tahu belum?

Jakarta, IDN TIMES - Logo mencerminkan identifikasi suatu perusahaan dan tentunya memainkan peranan penting kesukesan sebuah brand. Bahkan kadang hanya dengan melihat logo, konsumen sudah bisa menyadari dari eksistensi brand tersebut. 

Sama halnya dengan empat cincin Audi atau Toyota dengan logo elips-nya. Begitu pula dengan Yamaha. Nah, apakah kamu pernah tahu apa arti dari logo garpu tala Yamaha itu? Simak yuk fakta-faktanya di bawah ini.

1. Awalnya menggunakan logo bergambar burung phoenix

Arti Logo Garpu Tala Yamaha, Ternyata  dari Produksi Alat Musik Pianopinterest/Logo Yamaha

Penggunaan logo Yamaha bisa kita kaitkan dengan sejarah berdirinya perusahaan tersebut. Pada tahun 1897, Torakusu Yamaha mendirikan perusahaan bernama Nippon Gakki Co yang memproduksi upright piano.

Awalnya, mereka menggunakan logo bergambar burung phoenix atau dalam bahasa Jepang disebut Ho-Oh yang merupakan burung legendaris pembawa kebajikan dan rahmat.

Dengan menggunakan filosofi logo tersebut, Yamaha ingin membawa manfaat bagi umat manusia.

Baca Juga: Berjaya di GP Italia, Quartararo Yakin pada Performa Yamaha

2. Keindahan dan estetika seni dapat mempengaruhi jiwa manusia

Arti Logo Garpu Tala Yamaha, Ternyata  dari Produksi Alat Musik Pianologo Yamaha

Baru kemudian pada 1927, Yamaha mengganti logo tiga buah garpu tala dengan tulisan Yamaha Veneer di atasnya dan dibingkai dengan bentuk segitiga. Tiga garpu tala ini ternyata mewakili tiga kegiatan yang dilakukan oleh Yamaha, yaitu manufaktur, pemasaran, dan teknologi.

Selain itu, lambang tiga garpu tala ini punya tiga unsur penting dalam musik, yaitu melodi, harmoni, dan ritmik. Tidak heran mengingat Yamaha sangat aktif memproduksi alat musik saat itu.

Yamaha juga mengusung filosofi Kando yang berasal dari Jepang. Makna Kando sangat luas, yaitu bagaimana keindahan dan estetika seni dapat mempengaruhi jiwa manusia. Musik adalah bentuk dari seni.

3. Yamaha memproduksi motor berlandaskan seni dan estetika

Arti Logo Garpu Tala Yamaha, Ternyata  dari Produksi Alat Musik Pianoyamaha-motor.co.id

Tahun 1955, Yamaha mulai mencoba memproduksi motor pertamanya. Filosofi logo tiga garpu tala tetap dianut dalam industri otomotifnya. Bahkan, mereka menggunakannya hingga hari ini.

Yamaha memproduksi motor berlandaskan seni dan estetika. Mereka menganggap bahwa dalam dunia otomotif, seni akan tetap hidup. Mulai dari desain hingga performa motor pun memiliki nilai seni.

Baca Juga: Yamaha Luncurkan Zuma 125, Skutik Buat Para Petualang

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya