Comscore Tracker

Sudah Tahu Belum? Begini Tips Menghilangkan Karat dari Knalpot Motor

Caranya mudah lho

Jakarta, IDN TIMES - Salah satu masalah pada sepeda motor yang cukup mengganggu adalah munculnya karat. Begitu pula bila karat itu ada pada bagian knalpot motor. Akibatnya, knalpot bisa bolong lho. Lalu apakah akan mengganggu performa motor? 

Tentu iya, performa motor bakalan melorot lho. Karenanya sangat penting untuk merawatnya dengan baik. Nah, bagi kamu yang knalpotnya sudah terlanjur muncul karat, jangan panik dulu. Masih ada solusinya. Simak dulu yuk di bawah ini tips untuk menghilangkan karat pada knalpot motor. 

1. Gunakan cairan pembersih karat

Sudah Tahu Belum? Begini Tips Menghilangkan Karat dari Knalpot MotorWD40

Pertama, kamu bisa menggunakan cairan penghilang karat. Ini menjadi cara terampuh untuk membersihkan knalpot motor kamu dari karat yang membandel. Caranya mudah, cukup oleskan atau semprot cairan ini ke area karat, kemudian gosok menggunakan ampelas hingga karat menghilang.

Baca Juga: Mau Pakai Knalpot Racing? Yuk Kenali Plus dan Minusnya

2. Pakai cairan pembersih keramik sebagai alternatifnya

Sudah Tahu Belum? Begini Tips Menghilangkan Karat dari Knalpot Motorshopee.co.id/Cairan pembersih keramik

Selanjutnya, kamu bisa gunakan cairan pembersih keramik untuk menghilangkan karat pada knalpot motor. Caranya, oleskan cairan pembersih pada area knalpot yang berkarat. Kemudian, gunakan kain lap untuk membersihkannya. Lakukan secara berulang hingga karat menghilang dari knalpot.

3. Bisa juga gunakan baking soda

Sudah Tahu Belum? Begini Tips Menghilangkan Karat dari Knalpot Motortoday.com

Bahan untuk mengembangkan adonan kue ini ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan karat, lho. Sodium bikarbonat atau baking soda bisa kamu beli di toko kelontong terdekat.

Ada dua langkah yang perlu kamu lakukan. Pertama, campur baking soda dengan perasan air jeruk. Kedua, oleskan cairan campurannya ke bagian karat, diamkan hingga beberapa menit. Setelah karat mulai terangkat, gunakan lap untuk membersihkannya.

4. Alternatif lainnya adalah menggunakan oli bekas

Sudah Tahu Belum? Begini Tips Menghilangkan Karat dari Knalpot Motorrideapart.com

Cara lain untuk menyingkirkan karat pada knalpot dengan menggunakan oli bekas. Untuk itu kamu harus menyalakan motor terlebih dahulu sampai knalpotnya panas. Setelah itu matikan mesin dan segera oleskan oli bekas pada bagian knalpot yang berkarat menggunakan kuas. Di kondisi yang panas itulah karat pada knalpot akan rontok. Setelah selesai, bersihkan knalpot menggunakan kain lap. 

Baca Juga: Benarkah Knalpot Racing Bisa Mendongkrak Performa Motor?

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya