Comscore Tracker

4 Istilah Perbengkelan yang Sering Dipakai, Sudah Tahu Belum?

Mana yang paling sering kamu dengar?

Jakarta, IDN TIMES - Motor sedang turun mesin. Apakah kamu sering mendengar istilah ini? Ya, saat pergi ke bengkel untuk perawatan atau perbaikan motor, istilah itu biasanya disampaikan oleh teknisi bengkel. Apa sih sebenarnya arti dari turun mesin ini? Bagaimana dengan tingkat kerusakannya?

Nah biar kamu gak bingung dan kagok, coba simak di bawah ini ya beberapa istilah dalam perbengkelan yang paling sering dipakai. Walaupun bukan anak bengkel, tapi setidaknya hal mendasar ini perlu untuk kamu ketahui ya. 

1. Tenaga badak

4 Istilah Perbengkelan yang Sering Dipakai, Sudah Tahu Belum?Siar dengan bengkel motor custom-nya (IDN Times/Indah Permata Sari)

Kosakata dalam bengkel yang pertama adalah tenaga badak. Tenaga badak adalah penyebutan untuk mesin kendaraan yang bisa menghasilkan tenaga besar layaknya seekor badak yang tangguh dan kuat.

Biasanya, mesin tenaga badak bisa dilihat dari kapasitas mesinnya, kemampuannya dalam menghasilkan tenaga atau kecepatan, hingga ketangguhannya dalam melibas segala medan.

Baca Juga: Bukan Motor MotoGP, Ini Deretan Motor Tercepat di Dunia! 

2. Mesin rewel

4 Istilah Perbengkelan yang Sering Dipakai, Sudah Tahu Belum?Bengkel Johan diserbu warga yang motornya kebanjiran di Kompleks Pondok Gede Permai, Senin (6/1) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Kebalikan dari tenaga badak, mesin rewel adalah sebutan bagi yang sudah mulai rusak sehingga sering diperbaiki. Biasanya, mesin rewel dapat terjadi karena faktor usia atau pemakaian yang kurang tepat.

Sehingga, kondisi mesin akan menurun seiring berjalannya waktu. Salah satu penanganan mesin rewel adalah dengan melakukan overhaul atau turun mesin.

3. Turun mesin

4 Istilah Perbengkelan yang Sering Dipakai, Sudah Tahu Belum?Ilustrasi mesin motor (craftsmanave.com)

Turun mesin atau overhaul adalah penyebutan di saat proses pembongkaran yang bermasalah agar bisa diteliti lebih dalam penyebab kerusakannya.

Jika kamu punya kendaraan yang usianya sudah cukup tua, maka ada baiknya untuk melakukan overhaul secara berkala. Proses ini juga melibatkan penggantian komponen yang bermasalah.

4. Slip kopling

4 Istilah Perbengkelan yang Sering Dipakai, Sudah Tahu Belum?Ilustrasi Kopling Mesin Sepeda Motor Honda (Dok. IDN Times)

Selip kopling adalah suatu kondisi di mana perpindahan gigi motor ada jeda atau tidak "ngangkat". Penyebabnya adalah kerusakan pada bagian kampas kopling.

Kampas menjadi penghubung atau pemutus putaran mesin dengan transmisi sehingga penggunaan yang sering akan membuatnya menjadi aus dan motor terselip saat berpindah transmisi.

Nah itu beberapa istilah dalam perbengkelan yang perlu kamu ketahui. Ketika kamu ke bengkel dan mendengar istilah itu, sudah gak kagok lagi.

Baca Juga: Mau Buka Bengkel Motor? Ini Langkah-langkah Pertamanya  

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya