Comscore Tracker

7 Penyebab Motor Mogok, Cek Kondisi Mesin hingga Pengapian

Rawat kendaraan kamu dengan baik ya

Jakarta, IDN Times - Motor mogok termasuk hal yang paling menjengkelkan. Apalagi bila kamu sedang melakukan hal yang urgent. Pastinya pikiran akan buyar dan membuat mood jadi berantakan. Apakah kamu pernah merasakan pengalaman seperti itu?

Nah penting untuk mengetahui beberapa penyebab mengapa motor kamu sampai mogok. Jangan sampai berulang kejadian kamu harus terus menerus mendorong motor ya. Simak yuk di bawah ini tujuh bagian yang bisa menjadi penyebab motor mogok.  

1. Setelan klep tidak tepat

7 Penyebab Motor Mogok, Cek Kondisi Mesin hingga Pengapianhondacengkareng.com

Motor mogok bisa diakibatkan oleh setelah klep yang gak tepat. Bisa saja setelan klep tersebut terlalu rapat. Kalau gak ada celah, mesin bakal cepat panas dan akselerasinya jadi kurang. Nah, setelan yang pas adalah klep yang renggang jadi mesin akan memiliki suhu yang pas.

2. Saringan udara kotor

7 Penyebab Motor Mogok, Cek Kondisi Mesin hingga Pengapianblibli.com

Perlu kamu tahu kalau fungsi filter udara pada motor adalah sebagai penyaring udara yang masuk dalam ruang bakar tidak bercampur dengan kotoran dan debu. Campuran udara yang disaring harus dapat menyatu dengan baik bersama bahan bakar.

Namun, kalau filter kotor, justru akan membuat udara tidak bersih dan mengandung debu. Hal tersebut justru membuat mesin tidak bekerja dengan baik. Tarikan gas motor akan berat dan berujung mogok.

3. Masalah pada pilihan bahan bakar

7 Penyebab Motor Mogok, Cek Kondisi Mesin hingga PengapianAkbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia sudah dibagi ke dalam beberapa jenis tergantung kandungan oktan. Nah, setiap mesin punya 'keinginan' untuk asupan yang dapat membuatnya tampil lebih baik.

Nah, pemilihan bahan bakar yang tepat seperti oktan tinggi di atas 92. Dengan tingkat oktan tinggi, proses pembakaran lebih sempurna dan tingkat polutan yang lebih kecil.

Baca Juga: Kenali 5 'Penyakit Musiman' Motor Matic dan Cara Mengatasinya!

4. Mesin overheat

7 Penyebab Motor Mogok, Cek Kondisi Mesin hingga Pengapianmotorcycleboy.pblogs.gr

Mesin motor kepanasan bisa jadi alasan utama motormu mogok. Motor seolah 'ngambek' karena sistem pembakaran atau gesekan yang terjadi antara piston dan liner boring. Panas tidak mampu diredam dengan pelumas sehingga suhu cepat naik, akibatnya piston memuai dan macet pada liner boring.

5. Sirkulasi oli tersumbat

7 Penyebab Motor Mogok, Cek Kondisi Mesin hingga Pengapianotoina.com

Ini adalah salah satu penyebab lain motor bisa kepanasan. Namun, ini yang paling bahaya dan dapat menyebabkan kerusakan. Mogok adalah tahap awal dari sirkulasi oli yang di dalam mesinnya tersumbat. Alhasil banyak bagian dari mesin yang kekeringan dan kepanasan.

6. Hilangnya pengapian pada komponen motor

7 Penyebab Motor Mogok, Cek Kondisi Mesin hingga Pengapianhargaupdate.com

Pengapian yang hilang justru membuat mesin tidak bisa menyala. Pengapian ini berfungsi untuk membakar uap bahan bakar yang masuk dalam ruang pembakaran. Jika proses pembakaran tidak berjalan dengan baik, maka mesin pun tidak akan hidup. Nah, penyebab hilangnya api untuk proses pengapian datang dari komponen motor seperti busi, koil, CDI dan sepul.

7. Tutup tangki tersumbat

7 Penyebab Motor Mogok, Cek Kondisi Mesin hingga Pengapianredcaseyblog.com

Terakhir pada tutup tangki terdapat lobang kecil yang berfungsi sebagai 'ventilasi'. Apabila lobang kecil tersebut tersumbat, akibatnya adalah sirkulasi udara tidak ada sama sekali. Selain itu, bahan bakar tidak turun atau mengalir. Mesin pun akhirnya mogok.

Nah itu tujuh hal yang bisa menjadi penyebab motor kamu mogok. Semoga kamu tidak mengalaminya ya, jadi rawat kendaraan kamu dengan baik ya. 

Baca Juga: Motormu Disebut Kendaraan 'Kelas Dua'? Ini 7 Tipsnya Agar Kamu Jadi Pengendara Berkelas

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya