Comscore Tracker

Daftar Harga Sparepart MotoGP, Mesinnya Saja Tembus Rp3,1 Miliar 

Body motor MotoGP tidak dijual di pasaran

Jakarta, IDN Times - Pada Minggu (6/6/2021) lalu, digelar hajatan MotoGP di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Persaingan antar pembalap kini semakin ketat dan sengit. Balapan MotoGP memang tak hanya dipengaruhi skill pembalap, tapi juga performa mesin.

Performa mesin motor MotoGP tentu sejalan dengan harganya ya. Penasaran dengan harganya? Cek yuk di bawah ini daftar harga sparepart MotoGP. 

1. Harga satu unit MotoGP dibanderol Rp28,4 miliar

Daftar Harga Sparepart MotoGP, Mesinnya Saja Tembus Rp3,1 Miliar motogp.com

Sejumlah media, salah satunya USA Today, menyebutkan harga satu unit MotoGP bisa mencapai 2 juta dolar atau setara dengan Rp28,4 miliar.

"Motor-motor ini (MotoGP) adalah motor prototype yang menggunakan teknologi terkini di dunia otomotif," kata mekanik Ducati, Julian Thomas seperti dikutip dari USA Today.

Baca Juga: Ternyata Ini Rahasia di Balik Wearpack MotoGP! 

2. Harga satu unit mesin MotoGP tak kurang dari Rp3,1 miliar

Daftar Harga Sparepart MotoGP, Mesinnya Saja Tembus Rp3,1 Miliar motogp.com

Bagian termahal dari motor MotoGP adalah mesinnya. Situs boxrepsol menyebutkan harga satu unit mesin MotoGP tak kurang dari 200 ribu euro atau setara dengan Rp3,1 miliar.  

"Setiap mesin dibuat secara personal sesuai dengan karakter masing-masing pembalap. Mesin juga didesain untuk menciptakan performa dan daya tahan terbaik," kata Corporate Communications Manager Yamaha Motor Corporation kepada USA Today.

3. Biaya sektor kelistrikan satu unit motor MotoGP tak kurang dari Rp1,5 miliar

Daftar Harga Sparepart MotoGP, Mesinnya Saja Tembus Rp3,1 Miliar motogp.com

Part termahal lain dari satu unit MotoGP adalah sektor kelistrikannya. Boxrepsol menyebutkan biaya sektor kelistrikan satu unit motor MotoGP tak kurang dari 100 ribu euro atau Rp1,5 miliar. Sektor kelistrikan ini meliputi berbagai sensor, kabel, panel, serta Electronic Control Uni (ECU).

4. Harga satu set sistem pengereman pada satu unit motor MotoGP tidak akan kurang dari Rp1,1 miliar

Daftar Harga Sparepart MotoGP, Mesinnya Saja Tembus Rp3,1 Miliar motogp.com

Sektor lain yang menguras biaya adalah sektor pengereman. Harga satu set sistem pengereman pada satu unit motor MotoGP tidak akan kurang dari 70 ribu euro atau Rp1,1 miliar. Harga tersebut belum termasuk pajak, loh.

Termasuk bagian pengereman antara lain sepasang kaliper, tiga silinder, 10 piringan karbon, serta 28 kanvas rem.

5. Biaya perbaikan paling murah Rp237 juta

Daftar Harga Sparepart MotoGP, Mesinnya Saja Tembus Rp3,1 Miliar motogp.com

Balapan MotoGP tak pernah selalu mulus. Ada momen ketika pembalap terjatuh di sirkuit dan itu berarti kerusakan pada motor, termasuk bodinya.

Nah, jika bodi motor rusak, biaya perbaikannya paling murah 15 ribu euro atau Rp237 juta. Kenapa begitu mahal? Karena body motor MotoGP tidak dijual di pasaran!

Baca Juga: Hore! Balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok Tetap Digelar 2021

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya