Comscore Tracker

Mencampur Pertamax Turbo dan Pertalite Bikin Lebih Irit, Benarkah?

Cek dulu yuk biar gak salah

Jakarta, IDN Times – Menggunakan bahan bakar berkualitas memang sangat penting untuk menjaga performa mesin agar tetap jos. Hanya saja harga bahan bakar nonsubsidi memang tak bisa dibilang murah sehingga tidak sedikit yang akhirnya mencari cara dengan mencampur bahan bakar beroktan tinggi dengan bahan bakar beroktan rendah.

Ada yang memilih mencampur pertamax turbo dengan peralite atau pertamax dengan premium. Tujuannya apa? Agar performa mesin tetap bagus namun dengan harga yang juga relatif lebih murah. Apakah benar seperti itu? Biar gak salah, cek dulu yuk.

Baca Juga: Dibanderol Kurang dari Rp100 Juta, Ini Deretan Mobil Imut Tapi Gesit

1. Justru membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros

Mencampur Pertamax Turbo dan Pertalite Bikin Lebih Irit, Benarkah?hyundaimobil.co.id

Melansir dari halaman resmi Hyundai Indonesia, mencampur bahan bakar dengan oktan yang berbeda justru akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Hal ini terjadi karena kualitas bahan bakar akan segera turun jauh saat dicampur.

Misalkan oktan yang lebih tinggi (92) justru hilang dan akan berubah menjadi oktan yang rendah (90), membuat pembakaran menjadi tidak sempurna sehingga konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih boros.

Baca Juga: Mobil Bensin versus Mobil Solar, Simak 5 Fakta Menariknya

2. Performa mesin semakin menurun dan terbentuk kerak di bagian dalam mesin

Mencampur Pertamax Turbo dan Pertalite Bikin Lebih Irit, Benarkah?navidades.fusne.com

Bila pencampuran bahan bakar dilakukan dalam jangka waktu yang lama, maka kamu harus siap-siap merasakan performa mesin yang semakin menurun dan menggelitik karena kerak yang terbentuk di bagian dalam mesin. Tak hanya itu, harus siap juga mengeluarkan budget lebih untuk pembersihan mesin mobil supaya performa bisa kembali seperti semula.

Pada mobil produksi terbaru, kamu beruntung karena mesin sudah dilengkapi dengan knocking sensor yang dapat segera memberi peringatan apabila kadar BBM sudah berada di bawah ketentuan.

Namun bagaimana jika masih menggunakan mobil lama atau sepeda motor yang masih jarang memiliki sensor tersebut? Tidak akan ada peringatan. Jadi hati-hati ya.

3. Setiap mesin yang diproduksi sudah diciptakan untuk menggunakan bahan bakar tertentu

Mencampur Pertamax Turbo dan Pertalite Bikin Lebih Irit, Benarkah?Ilustrasi SPBU. ANTARA FOTO/Reno Esnir

Sebaiknya gunakanlah BBM dengan oktan yang sudah direkomendasikan oleh setiap pabrikan otomotif karena pada dasarnya setiap mesin yang diproduksi sudah diciptakan untuk menggunakan bahan bakar tertentu, bukan untuk dicampur.

Ini juga demi pembakaran yang lebih efektif dan membuat performa kendaraan semakin meningkat.

Baca Juga: Tangki Bensin Sering Kosong Bisa Merusak Mobil, Mitos atau Fakta?

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya