Comscore Tracker

Tips Memperbaiki Aki Kering Mobil, Gak Susah Lho Ternyata

Komponen ini fungsinya mirip seperti baterai

Jakarta, IDN TIMES - Aki memiliki fungsi yang mirip seperti baterai. Benda itu dapat menyuplai listrik ke seluruh bagian kendaraan. Bahkan aki termasuk salah satu bagian penting dalam kendaraan, baik untuk roda dua maupun empat. Sebut saja starter, AC, lampu, hingga sistem audio, semua fitur mobil itu memerlukan kelistrikan.

Apakah kamu sudah tahu? Aki ada dua jenisnya, yakni basah dan kering. Karena lebih awet dan memiliki aliran listrik yang stabil, akhirnya banyak orang yang memilih menggunakan aki kering. 

Meskipun banyak keunggulannya, aki kering juga sewaktu-waktu bisa rusak. Nah, karena itu, penting juga untuk tahu bagaimana cara memperbaikinya. Cek ya di bawah ini beberapa tips untuk memperbaiki aki kering.

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru, Ini Langkah-langkah Melepaskan Aki 

1. Bongkarlah aki tersebut secara manual

Tips Memperbaiki Aki Kering Mobil, Gak Susah Lho TernyataUnsplash/Fancycrave

Pertama, kamu perlu menyiapkan obeng minus dan plus. Kemudian siapkan juga pisau atau gergaji besi, dan selotip. Jangan lupa juga untuk menyiapkan air aki yang bisa kamu beli di bengkel.

Kedua, kamu perlu membuka penutup aki menggunakan pisau atau gergaji besi. Cari tulisan Do Not Open pada aki, kemudian gergaji bagian tersebut.

Lakukan juga pada bagian samping dan belakang tutup aki. Lepas bagian penutup pada aki, kemudian kamu akan menemukan terdapat enam lubang yang harus kamu isi dengan air aki (accu zuur).

Hindari kontak langsung dengan air aki. Namun, jika sudah terpapar, segera basuh dengan sabun dan air mengalir. Jika sudah terisi, tutup kembali semua lubang, kemudian rekatkan menggunakan selotip.

2. Gunakan trik dengan memanfaatkan jumper mobil

Tips Memperbaiki Aki Kering Mobil, Gak Susah Lho TernyataPxhere.com/CC0 Public Domain

Jika cara pertama tidak bisa mengatasi kerusakan pada aki keringmu, maka gunakan trik lain, yaitu memakai jumper mobil. Kamu bisa membelinya di bengkel atau toko aksesoris kendaraan lainnya.

Pertama, safety first. Gunakan sarung tangan dan sepatu bersol karet. Hindari kontak dengan bahan yang mudah terbakar, dan jauhkan dari anak-anak. Posisikan kedua mobil agar dalam jangkauan kabel jumper. Cari kutub negatif kedua mobil, baik dari donor (A) maupun penerima (B).

Selanjutnya, bersihkan kedua kutub positif dan negatif di kedua mobil. Kemudian, pastikan kedua mobil dalam keadaan mati. Jepitkan klem kabel jumper merah ke kutub positif mobil A. Lalu jepitkan kabel jumper hitam pada kutub negatif, mulai dari mobil B ke A. Coba nyalakan mobil A, biarkan beberapa saat agar arus mengalir ke B. Terakhir, nyalakan mobil B.

3. Gunakan alat berupa charger atau transformer aki mobil

Tips Memperbaiki Aki Kering Mobil, Gak Susah Lho TernyataCarvaganza

Terakhir, kamu bisa menggunakan alat berupa charger atau transformer aki mobil. Alat ini bisa didapatkan di toko elektronik atau jasa isi ulang aki.

Alat ini bentuknya seperti trafo yang punya daya listrik untuk mengisi aki. Cara kerjanya mirip seperti adaptor charger ponsel kamu. Memang sepertinya cara ini masih kurang lazim digunakan, tetapi bisa jadi opsi lain bagi kamu yang ingin memperbaiki aki kering secara mandiri.

Baca Juga: Cara Mudah Memasang Aki, Biar ECU Gak Jebol

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya