Comscore Tracker

5 Cara Menghilangkan Bau Rokok dalam Mobil

Siapa yang kebiasaan merokok di mobil?

Seseorang yang sudah addicted banget sama rokok pasti gak tahan untuk tidak mengisapnya. Mereka bahkan terkadang tidak peduli merokok meski dalam ruangan ber-AC dan tertutup. Satu hal yang paling menjengkelkan adalah ketika merokok di dalam mobil. Meski jendela sudah dibuka, tapi baunya masih tetap melekat di dalam mobil.

Ini ada tips sih, untuk menghilangkan bau rokok dalam mobil. Semoga manjur ya:

1. Bersihkan interior mobil setidaknya satu minggu sekali

5 Cara Menghilangkan Bau Rokok dalam MobilPxhere/Public Domain

Ini adalah hal yang paling sederhana: membersihkan interior mobil secara berkala. Jika sempat, kamu bisa membersihkannya saty minggu dua kali. Tapi kalau gak sempat ya setidaknya bersihkan satu minggu sekali.

Bagian jok hingga dashboard jangan lupa dibersihkan. Termasuk asbak mobil. Kamu wajib membersihkannya secara berkala biR abunya tidak menyebar ke area lain. Kalau punya vacuum cleaner khusus mobil, kamu bisa menggunakannya untuk menyerap abu yang menempel di karpet, atau jok mobil.

2. Buka kaca dan pintu mobil di pagi hari

5 Cara Menghilangkan Bau Rokok dalam MobilPixabay/mikesphotos

Tujuannya biar udara di dalam mobil yang berbau rokok itu bisa berganti udara segar. Cara ini sebaiknya kamu lakukan pada pagi hari ya. Buka semua pintu dan jendela mobil di pagi hari. Pastikan area tempat kamu untuk membuka pintu dan jendela tidak mudah terkena polusi atau debu di sekitarnya.

3. Bersihkan AC mobil

5 Cara Menghilangkan Bau Rokok dalam MobilYoutube.com/volvosweden

AC sangat mendukung sirkulasi udara yang segar di dalam mobil. Jadi kamu perlu menjaganya, agar kabin mobil tidak bau rokok. Kamu perlu membersihkan sistem pendingin, seperti bagian filter kabin yang berada di bawah dashboard mobil.

Kamu juga bisa membersihkan evaporator AC mobil dengan cairan berbentuk foam, yang bisa dibeli di toko-toko peralatan mobil. Caranya adalah dengan menyemprotkan cairan tersebut ke arah AC mobil yang menyala. Nanti kotorannya akan keluar bersama air buangan AC mobil. Udara langsung menjadi segar kembali.

4. Gunakan jasa salon mobil agar lebih sempurna

5 Cara Menghilangkan Bau Rokok dalam MobilKwallacesignature.com

Bau rokok masih menyengat di dalam mobil, meski sudah dibersihkan. Karena tak punya alat khusus, maka jalan lainnya adalah datang ke salon mobil. Mereka pasti memiliki alat khusus untuk menghilangkan bau dan bakteri di dalam mobil. Setidaknya kamu gunakan jasa mereka satu sampai dua kali dalam setahun.

5. Banyak bahan alami yang bisa dipakai untuk menghilangkan bau. Seperti arang, kopi, dan baking soda

5 Cara Menghilangkan Bau Rokok dalam MobilDrcharcoal.in

Beberapa bahan alami ternyata bisa menghilangkan bau rokok dalam mobil. Seperti kopi, arang dan baking soda. Simpanlah bahan-bahan tersebut dalam wadah yang diberi lubang. Cara pakainya juga sama seperti pengharum mobil. Tinggalkan saja bahan-bahan itu dalam mobil. Selain itu, sekarang sudah ada banyak produk-produk penghilang bau di pasaran yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Itulah cara menghilangkan bau rokok dalam mobil. Semoga cara-cara di atas bisa manjur ya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Rijalu Ahimsa di IDN Times Community dengan judul Sering Merokok Di Mobil? Lakukan 5 Hal Ini Agar Mobil Tak Bau Rokok

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Membersihkan Paru-paru, Perokok Atau Bukan Boleh Coba

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya