Comscore Tracker

Mengenal Arti Warna Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia

Warna pelat ini tidak bisa dipakai secara asal-asalan lho

Pelat nomor kendaraan termasuk kelengkapan yang harus kamu taati selama berkendara. Memakai pelat nomor juga tidak bisa sembarangan. Warna pelat juga menentukan jenis kendaraannya. Kamu sudah tahu belum, arti warna pada pelat kendaraan? Nah, biar kamu paham, berikut ini arti pelat nomor kendaraan:

1. Pelat hitam dengan nomor putih

Mengenal Arti Warna Pelat Nomor Kendaraan di IndonesiaFlickr.com/L Lawliet

Pelat berwarna hitam dengan nomor putih ini pasti sering kamu jumpai di jalan raya. Kendaraan pribadi kamu pasti warna pelatnya seperti ini juga, kan? Nah, pelat warna hitam dengan nomor putih ini diberikan kepada kendaraan perseorangan, dan kendaraan yang disewakan. Sedangkan nomor pelatnya diberikan secara acak. Namun bisa juga kamu meminta nomor secara khusus.

Pelat hitam dengan nomor putih juga digunakan oleh para pejabat negara. Seperti presiden dengan pelat nomor RI 1, atau pelat nomor dengan kode RF di bagian belakang (RFS, RFD, RFL, RFU, dan RFP) yang ditujukan untuk pejabat negara atau instansi pemerintah.

Baca Juga: 5 Cara Menghemat BBM Mobil Ketika Road Trip

2. Pelat kuning dengan nomor hitam

Mengenal Arti Warna Pelat Nomor Kendaraan di IndonesiaInstagram.com/jalur5

Pelat nomor kuning dengan nomor warna hitamsering kamu lihat di kendaraan-kendaraan umum seperti bis, taksi, angkut, dan lainnya. Pelat nomor ini khusus diberikan kepada kendaraan resmi untuk transportasi umum saja.

3. Pelat merah dengan nomor putih

Mengenal Arti Warna Pelat Nomor Kendaraan di IndonesiaInstagram.com/avanzafans

Pelat nomor merah dan nomor berwarna putih diberikan kepada kendaraan milik pemerintah, yang digunakan oleh para pegawai pemerintahan untuk keperluan dinas.

4. Pelat putih dengan nomor merah

Mengenal Arti Warna Pelat Nomor Kendaraan di IndonesiaFlickr.com/Widodo Groho Triatmojo

Pelat nomor putih dengan tulisan berwarna merah dipakai sebagai pelat nomor sementara, sebelum kendaraan resminya keluar. Pelat nomor ini juga sebagai tanda untuk uji coba kendaraan bermotor, lho.

5. Pelat nomor berlogo bintang

Mengenal Arti Warna Pelat Nomor Kendaraan di IndonesiaInstagram.com/meandaroundcars

Pelat nomor berlogo bintang menandakan bahwa kendaraan tersebut milik Tentara Nasional Indonesia (TNI). Warna pelatnya dibedakan lagi menurut masing-masing angkatan TNI. Seperti warna merah merupakan kendaraan milik markas besar TNI, warna hijau milik TNI-AD, warna biru muda milik TNI-AL, dan warna biru tua untuk TNI-AU.

6. Pelat nomor putih dengan nomor hitam atau biru

Mengenal Arti Warna Pelat Nomor Kendaraan di IndonesiaInstagram.com/_madihid_

Pelat nomor dengan warna ini memang jarang kamu temukan di jalan raya. Iya. Sebab pelat ini digunakan oleh korps diplomatik negara asing yang sedang bertugas di Indonesia. Pada bagian depan pelat nomor ditunjukkan dengan kode CD (Corps Diplomatique).

Itu dia arti warna pelat nomor kendaraan yang pernah kamu jumpai di jalan raya Indonesia. Semoga pengetahuan ini bisa berguna ya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Rijalu Ahimsa di IDN Times Community dengan judul Ini Arti 6 Warna Pelat Nomor Kendaraan yang Ada di Indonesia

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You