Comscore Tracker

5 Penyakit Mobil yang Jarang Dipakai, Awas Bikin Tekor Dompetmu!

Mentang-mentang jaga jarak trus mobilmu dibiarin aja

Dalam kondisi physical distancing, work from home (WFH), dirumahkan dan lainnya membuat kendaraan mobil kamu ikutan diam di rumah. Tetapi bukan berarti mobilmu bakalan awet dan tidak rusak meski jarang dipakai. Justru sebaliknya. Mobil yang tidak dipakai dalam waktu yang lama akan mengalami kerusakan, seperti berikut ini:

1. Hati-hati aki mobil menjadi soak dan tidak dapat dinyalakan

5 Penyakit Mobil yang Jarang Dipakai, Awas Bikin Tekor Dompetmu!Pxhere.com/CC0 Public Domain

Karena terlalu lama tidak dialiri oleh arus listrik, aki mobil bisa menurun kemampuannya. Bahkan sampai tidak bisa digunakan lagi. Hal ini justru semakin merepotkan, karena mobil tidak dapat dihidupkan sama sekali. Sehingga mau tak mau kamu harus memanggil tukang servis datang ke rumahmu.

Paling tidak kamu harus memanaskan mobil setiap tiga hari sekali agar arus listrik tetap mengalir di aki mobil.

2. Ban mobil mengempis secara tiba-tiba

5 Penyakit Mobil yang Jarang Dipakai, Awas Bikin Tekor Dompetmu!Pxhere.com/CC0 Public Domain

Kamu pernah memerhatikan gak sih, karena saking lamanya tidak dipakai, ban mobilnya tiba-tiba kempis. Itu terjadi karena tekanan yang ada di dalam ban berkurang. Berbeda ketika ban kamu pakai nitrogen. Sebab nitrogen dapat mencegah bannya tidak cepat mengempis.

Untuk itu sebaiknya periksa tekanan ban kendaraan setidaknya dua minggu sekali meskipun sedang tidak digunakan.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Ban Mobil Pecah

3. Rem menjadi berkarat

5 Penyakit Mobil yang Jarang Dipakai, Awas Bikin Tekor Dompetmu!Unsplash.com/@liam_1

Karena lama tidak digunakan, beberapa komponen kendaraan bakalan ada yang berkarat. Satu di antaranya rem. Rem yang sering digunakan akan terhindar dari karat, karena adanya gesekan panas antara kampas dan piringan rem. Jadi jika lama tak digunakan akan timbul karat yang membuat rem tidak bekerja maksimal, dan pedal rem akan terasa bergetar saat diinjak.

Gunakan mobil paling tidak satu minggu sekali untuk berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah, agar mencegah karatan di bagian remnya.

4. Rem tangan jadi tersangkut

5 Penyakit Mobil yang Jarang Dipakai, Awas Bikin Tekor Dompetmu!Flickr.com/David Thomas

Rem tangan akan tersangkut jika tuasnya dibiarkan ditarik dan dibiarkan dalam waktu lama. Apalagi tempat parkirmu berada di ruang terbuka tanpa penutup di atasnya, lalu sering terkena hujan.

Dalam waktu lama, air yang menempel akan meresap ke bagian tromol rem. Sehingga membuat rem tangan lengket dan roda jadi susah berputar ketika dijalankan.

Untuk menghindarinya, kamu perlu mencari tempat parkir yang aman dan datar. Lalu simpan mobil kamu tanpa rem tangan. Namun jika sudah kejadian, kamu bisa mencoba menggerakkan mobilmu ke depan atau belakang sampai rem yang lengket terlepas. Jika masih sulit, maka kamu harus memanggil mekanik untuk melakukan pembersihan rem secara menyeluruh.

5. Wiper mobil jadi mengeras

5 Penyakit Mobil yang Jarang Dipakai, Awas Bikin Tekor Dompetmu!Pixabay.com/dibjo

Mobil yang terlalu lama tidak digunakan akan membuat wiper jadi mengeras karena terlalu lama menempel pada kaca. Wiper yang mengeras dapat membuat kaca mobil menjadi lecet.

Untuk mencegahnya sebaiknya ganjal wiper dengan busa di antara kaca mobil. Kamu juga bisa mencuci wiper mobil kamu secara berkala saat tidak digunakan agar tetap terjaga kelenturannya.

Itulah yang akan terjadi pada mobil yang tidak dipakai dalam waktu lama. Jadi, sebaiknya jenguk mobil kamu ya. Jangan dibiarkan sendiri tanpa diajak bergerak. Gak hanya kamu saja yang harus bergerak dan dirawat. Mobil pun harus diperlakukan seperti itu juga. Semoga mobilmu tidak kenapa-kenapa ya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Rijalu Ahimsa di IDN Times Community dengan judul Punya Mobil Jarang Digunakan? Waspadai 5 Penyakit yang Mengintainya

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya