Comscore Tracker

Cuma Pakai Campuran Bensin, Ini Tips Biar Mesin Langsung Kinclong

Caranya cukup gampang lho

Jakarta, IDN Times - Mesin termasuk bagian yang paling penting dalam sepeda motor. Sayangnya selama ini ternyata orang-orang lebih memperhatikan bodi motor dibandingkan dengan kebersihan mesinnya. Ya, bagian luar memang jelas terlihatnya daripada bagian dalam. 

Tapi justru yang tak terlihat itu yang penting untuk diberi perhatian lebih karena jika sudah parah, tentu akan lebih banyak memerlukan pengeluaran. Kamu gak mau kan seperti ini? Karena saking tidak terawatnya, akhirnya mesin jadi rusak parah. 

Kamu tidak harus ke bengkel kalau ingin membersihkan mesin. Bisa lho dilakukan sendiri di rumah. Caranya bagaimana? Kamu bisa cek di bawah ini ya tips untuk membersihkan mesin motor biar langsung kinclong. 

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Cuma Pakai Campuran Bensin, Ini Tips Biar Mesin Langsung Kinclonghyundaimobil.co.id

Pertama, siapkan dulu bahan-bahannya. Kamu gak perlu pergi ke bengkel untuk membelinya, cukup gunakan alat-alat rumah tangga, seperti kuas, sikat gigi, mangkok, bensin, sabun cuci piring, dan amplas kalau perlu.

Yup, itu aja bahan-bahan dan alatnya. Sekarang ke tahap berikutnya.

Baca Juga: Lampu Belakang Motor Kok Sering Mati? Curigai Tiga Bagian Ini

2. Sebelum membersihkan mesin, cuci dulu motor secara keseluruhan

Cuma Pakai Campuran Bensin, Ini Tips Biar Mesin Langsung Kinclong(IDN Times/Dwi Agustiar)

Sebelum mulai mencuci mesin, sebaiknya cuci dulu motor secara keseluruhan. Untuk itu kamu bisa menggunakan sabun pencuci piring.

Cuci motor hingga bersih kemudian bilas dan lap hingga kering. Setelah itu kamu bisa melanjutkan ke poin ketiga di bawah.

3. Campur bensin dengan sabun cuci piring ke dalam mangkuk

Cuma Pakai Campuran Bensin, Ini Tips Biar Mesin Langsung KinclongUnsplash/The Ride Academy.JPG

Sekarang ke tujuan utama, yakni membersihkan blok mesin. Kamu bisa mencampur bensin dengan sabun cuci piring ke dalam mangkuk, kemudian aduk sampai merata dengan kuas.

Setelah itu gunakan kuas untuk menguas blok mesin. Lakukan sampai kerak-kerak yang menempel pada blok mesin rontok, kalau perlu gunakan sikat gigi. Lakukan berulang kali sampai kerak-kerak tersebut rontok.

Jika kerak tersebut masih membandel, gunakan amplas. Tapi, sebelum menggosok blok mesin dengan amplas, basahkan dulu amplas tersebut dengan cairan cuci piring. Kemudian gosok blok mesin dengan amplas secara perlahan. Kalau bisa gunakan amplas yang halus, ya.

Mencuci blok mesin memang membutuhkan kesabaran dan sering kali tidak cukup mencuci sekali, tergantung seberapa parah kerak menempel di blok mesin.

Nah itu tips yang bisa kamu coba di rumah saat akan membersihkan mesin motor. Semoga bermanfaat ya. 

Baca Juga: Cara Mudah Membersihkan Filter Udara Motor, Gak Perlu ke Bengkel

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya