Comscore Tracker

Hati-hati! Ini Cara Tahu Penipu di Situs Jual Beli Kendaraan Bekas

Kamu bisa perhatikan iklannya ya

Jakarta, IDN Times - Sekarang dengan pelayanan yang serba digital, kamu gak perlu lagi berkeliling ke showroom-showroom bila ingin membeli mobil atau motor bekas. Tidak lagi harus repot sebab kamu bisa mencari kendaraan bekas melalui situs-situs jual beli kendaraan. Tinggal sediakan kuota internet, kamu bisa berselancar sepuasnya.

Informasi yang disediakan pada situs-situs penjualan kendaraan bekas itu pun terbilang cukup lengkap. Hanya saja, tentu ada kelemahannya yakni besar kemungkinan akan terjadi penipuan. Tercatat telah ada beberapa kasus penipuan yang terjadi dalam transaksi jual beli dari situs online.

Nah agar tidak terperangkap, berikut ini ada beberapa cara agar terhindar dari perangkap para penipu sebagaimana yang disarankan Direktur Marketing OLX Indonesia Ichmeralda Rachman. Menurut Ichmeralda, iklan-iklan berisi penipuan bisa diidentifikasi dengan cara mengenali tanda-tanda berikut ini:

1. Kerap memasang iklan yang kelewat menarik

Hati-hati! Ini Cara Tahu Penipu di Situs Jual Beli Kendaraan Bekasolx.co.id

Untuk menarik targetnya, para penipu kerap memasang iklan yang kelewat menarik, seperti membanderol harga terlalu murah, memberikan diskon yang terlalu besar, serta menawarkan janji-janji muluk.

"Hindari iklan dari barang atau jasa yang terlalu menarik," kata Ichmeralda saat menjawab pertanyaan IDN Times secara tertulis, Jumat (22/6).

2. Informasi penjual atau iklan tidak konsisten

Hati-hati! Ini Cara Tahu Penipu di Situs Jual Beli Kendaraan Bekasolx.co.id

Ciri lain yang patut diwaspadai, Ichmeralda melanjutkan, adalah informasi penjual atau iklan tidak konsisten antara satu iklan dengan iklan lain, lokasi penjual dan iklan yang berbeda, serta nomor kontak (Telpon/WhatsApp/LINE ID) penjual atau pembeli berbeda-beda.

Kamu juga harus curiga jika penjual memilih tempat bertransaksi (COD) di lokasi yang sepi atau ketika penjual meminta DP atau down payment terlebih dahulu. Kalau bertemu penjual atau pembeli seperti ini, sebaiknya tidak usah dilayani.

3. Bersikeras meminta pembeli mengirimkan DP

Hati-hati! Ini Cara Tahu Penipu di Situs Jual Beli Kendaraan Bekasolx.co.id

Ichmeralda mengatakan pihaknya memiliki beberapa fitur untuk meminimalisasi penipuan di situs jual beli OLX. Salah satu fitur tersebut berupa pop up berisi pemberitahuan status pengguna.

Fitur pop up akan aktif begitu kamu memulai percakapan melalui Chat OLX dengan seorang pengguna, baik penjual maupun pembeli.

"Pop up pemberitahuan ini menginformasikan bahwa pengguna dalam percakapan kamu telah dilaporkan kepada kami oleh pengguna lain," kata Ichmeralda.

Selain itu pop up juga akan muncul jika pihak OLX menemukan indikasi penipuan, seperti bersikeras meminta pembeli mengirimkan DP sebelum mengirimkan barang.

Indikasi penipuan lain, Ichmeralda melanjutkan, jika harga yang ditawarkan penjual jauh di bawah harga pasaran padahal kondisi barang yang diiklankan sangat bagus.

Jadi meski situs-situs jual beli kendaraan bekas sangat membantu, tapi jangan sampai kehilangan kewaspadaan, ya!

Baca Juga: Wabah Virus Corona, OLX: Penjualan Mobil Keluarga Paling Terdampak

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya