Comscore Tracker

Jarang Diketahui, 5 Aksesori Mobil Ini Bisa Berpotensi Membahayakan

Cukup yang diperlukan saja ya, utamakan keselamatan

Jakarta, IDN Times - Bagi para pemilik mobil, menciptakan kenyamanan adalah sesuatu yang sangat diperlukan, apalagi bila berkendara dalam jarak yang jauh. Karenanya, cukup banyak yang akhirnya menambahkan berbagai aksesori di dalam mobilnya. 

Nah, sayangnya ada yang berlebihan dalam menambahkan aksesorinya sehingga tidak menyadari bahwa tambahan-tambahan itu terjadi berpotensi bisa membahayakan. Apa saja itu? Kamu bisa cek di bawah ini ya. Coba pikirkan kembali sebelum kamu menggunakannya. 

1. Gantungan pada spion tengah

Jarang Diketahui, 5 Aksesori Mobil Ini Bisa Berpotensi MembahayakanUnsplash/Hayes Potter.JPG

Kalau kamu menggantung parfum atau apa pun di kaca spion tengah, sebaiknya lekas lepas parfum atau gantungan tersebut. Keberadaannya selain bisa menghalangi pandangan, juga berpotensi memecah konsentrasi pengemudi.

Baca Juga: 5 Perusahaan Mobil Terkenal Ini Awalnya Gak Bikin Mobil

2. Memajang banyak mainan di dashboard

Jarang Diketahui, 5 Aksesori Mobil Ini Bisa Berpotensi MembahayakanYouTube

Kebiasaan lain yang sering keliru adalah meletakkan begitu banyak mainan di dashboard depan. Padahal dashboard itu bukan etalase mainan.

Mainan-mainan tersebut biasanya akan bergeser atau bahkan jatuh saat mobil mengerem atau berbelok secara tiba-tiba. Situasi ini bisa membahayakan, lho.

3. Sarung setir yang ukurannya lebih besar

Jarang Diketahui, 5 Aksesori Mobil Ini Bisa Berpotensi MembahayakanIDN Times/Dwi Agustiar

Aksesoris lain yang bisa menyebabkan hilangnya konsentrasi pengemudi adalah sarung setir yang ukurannya lebih besar dari lingkar kemudi.

Sebab sarung yang longgar akan membuat cengkeraman terhadap kemudi menjadi kendur. Akibatnya, saat setir diputar, hanya sarungnya saja yang ikut berputar.

Situasi ini, tentu saja, akan sangat membahayakan. Apalagi jika kamu sering melintas di jalan yang berliku-liku.

4. Cover pedal yang licin

Jarang Diketahui, 5 Aksesori Mobil Ini Bisa Berpotensi Membahayakanotomart.com

Ada alasan kenapa kebanyakan pabrikan mobil melapisi pedal dari bahan karet, yakni agar tidak licin. Namun ada aksesori berupa cover pedal yang terbuat dari logam.

Secara tampilan, cover pedal dari logam memang lebih menarik. Tapi sekaligus juga lebih tidak aman. Sebab logam itu lebih licin dari karet.

Bayangkan jika saat hendak menyalip tiba-tiba kakimu terpeleset dari pedal gas yang licin. Jadi, carilah aksesori cover pedal yang terbuat dari karet.

5. Stiker happy family

Jarang Diketahui, 5 Aksesori Mobil Ini Bisa Berpotensi MembahayakanTokopedia

Sekarang ini banyak orang menempelkan stiker happy family di kaca mobil mereka. Stiker tersebut biasanya berupa ayah, ibu, dan anak yang berdiri berbaris.

Bahkan banyak yang menuliskan nama anak mereka di bawah stiker tersebut. Padahal menempelkan stiker happy family ini berbahaya, lho.

Sebab itu sama saja memberikan informasi mengenai keluargamu secara cuma-cuma kepada orang yang berniat jahat atau sebut saja penculik anak!

Apalagi kalau di mobil yang sama tertempel stiker sekolah atau nama perumahan. Risikonya akan menjadi berlipat kali.

So, pikir ulang kalau mau memasang stiker di mobil. Kalau pun mau memasang stiker, kamu bisa pasang stiker dengan kalimat 'Harap Jaga Jarak, Mobil Ini Belum Lunas'. Stiker ini jauh lebih aman.

Nah itu beberapa aksesori mobil yang selama ini banyak dipakai tapi ternyata bisa jadi sumber bahaya. Coba pikirkan kembali apabila akan menggunakannya ya. Tetap utamakan keselamatan, bukan hanya untuk gaya saja. 

Baca Juga: Gak Takut Beda, Gebrakan Kawasaki Ini Menginspirasi Pabrikan Lain

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya