Comscore Tracker

Fakta-fakta Mengejutkan di Balik Perkembangan Industri Mobil

Nambah pengetahuan baru nih

Jakarta, IDN Times - Saat membeli mobil baru, apakah kamu pernah bertanya-tanya bagaimana sejarah di balik keberadaan mobil tersebut? Siapa pembuatnya, berapa lama waktu yang diperlukan untuk memproduksinya?

Seiring dengan perkembangan zaman, produk mobil yang dihasilkan pun kian canggih dan menawarkan fitur-fitur yang menggoda dan memanjakan penggunanya. Sebagai masyarakat yang tidak berkecimpung dalam dunia otomotif, barangkali kamu tidak pernah terpikirkan seperti apa behind the scene kelahiran produk-produk itu.

Nah, bisa menambah pengetahuan baru nih. Di bawah ini kamu bisa simak fakta-fakta mengejutkan di balik industri mobil. 

1. Fitur canggih cruise control ditemukan oleh seorang tunanetra bernama Ralph Teetor

Fakta-fakta Mengejutkan di Balik Perkembangan Industri Mobilcontinentalmitsubishi.com

Cruise control adalah fitur yang biasa terdapat pada mobil modern. Fitur ini bisa membuat mobil stabil pada kecepatan tertentu tanpa perlu kaki pengemudi menginjak pedal gas.

Fitur ini sangat membantu saat melintas di jalan yang lengang dan lurus seperti jalan tol lintas transjawa. 

Uniknya, fitur canggih ini ditemukan oleh seorang tunanetra bernama Ralph Teetor. Ralph adalah seorang teknisi yang tak bisa melihat sejak usia lima tahun. 

Baca Juga: Mengintip Kerennya 5 Mobil Patroli Polisi

2. Sebanyak 225 unit mobil diciptakan setiap jam di Inggris

Fakta-fakta Mengejutkan di Balik Perkembangan Industri MobilPick Up Premium Isuzu Traga yang akan diekspor (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Pada maret 2016, sebanyak 225 unit mobil diciptakan setiap jam di Inggris. Ini hanya di Inggris, loh. Belum termasuk di Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat. Tak mengejutkan jika saat ini setiap ruas jalan disesaki mobil.  

3. Tesla Motors didirikan pada tahun 2003 oleh para insinyur Silicon Valley

Fakta-fakta Mengejutkan di Balik Perkembangan Industri MobilCEO Tesla Elon Musk. Foto diambil dari media sosial. instagram.com/elonmusk

Musk memang terlibat sejak awal, tetapi tidak cukup awal. Meski Elon Musk bergabung dengan Tesla pada tahun 2004 dan mengambil alih investasi serta berperan besar dalam desain dan menjadi CEO, Tesla Motors ternyata didirikan pada tahun 2003 oleh para insinyur Silicon Valley yaitu Martin Eberhard dan Marc Tarpenning.

4. Sebuah mobil memiliki 30 ribu bagian di dalamnya

Fakta-fakta Mengejutkan di Balik Perkembangan Industri Mobilaccomponents.co.uk

Apabila kita menggambarkan sebuah mobil pasti kita hanya membayangkan bagian-bagian penting mobil seperti kursi, pintu, dan mesin mobil yang hanya terdiri dari ratusan bagian. Tapi apa yang kita bayangkan itu salah lho, ternyata rata-rata sebuah mobil memiliki 30 ribu bagian di dalamnya, banyak juga yah?

Nah itu beberapa fakta mengejutkan terkait perkembangan industri mobil. Apakah kamu pernah membayangkan seperti itu sebelumnya?

Baca Juga: Menilik Mobil-mobil Russia, Gak Kalah Sama Mobil Jerman dan Jepang!

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya