Perbekel Klungkung Temui Giri Prasta, Bantah Manuver Politik

Banyak yang berpendapat ini dukungan menuju ke Pilgub

Klungkung, IDN Times- Video forum perbekel di Kabupaten Klungkung yang bertemu dengan Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, di kantornya menjadi perbincangan warga di Klungkung. Warga menilai kedatangan perbekel yang menemui Giri Prasta itu sebagai bentuk dukungan mereka untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024.

Dalam video tersebut, para perbekel juga didampingi oleh calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Klungkung terpilih, I Wayan Regeg, dan didampingi beberapa camat. Beberapa bendesa dan pejabat esselon II juga tampak hadir bersama para perbekel. Sementara Giri Prasta tampak didampingi Sekda Badung, Wayan Adi Arnawa.

"Menjelang Pilgub, perbekel kompak bertemu Giri Prasta. Pasti kaitannya menggalang dukungan. Makin seru Pilgub nanti, karena ada rebutan rekomendasi di PDIP," ujar seorang warga di Klungkung yang enggan disebutkan namanya.

Ketua Forum Perbekel Klungkung, I Kadek Sudarmawa, saat dikonfirmasi mengatakan jika pertemuan perbekel dengan Bupati Giri Prasta itu sebagai rasa terima kasih atas BKK (Bantuan Keuangan Khusus) yang dikucurkan Kabupaten Badung untuk kelompok warga di desa-desa.

Ia menampik pertemuan perbekel dengan Giri Prasta itu sebagai bentuk manuver politik menjelang Pilgub Bali.

"Kami menyampaikan aspirasi agar desa di Klungkung bisa kembali dibantu BKK untuk percepatan pembangunan desa," kata Sudarmawa, Rabu (17/4/2024).

1. Selain mengucapkan terima kasih, perbekel di Klungkung juga memohon bantuan BKK untuk desa

Perbekel Klungkung Temui Giri Prasta, Bantah Manuver PolitikPerbekel di Klungkung bertemu Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta(Dok. IDN Times/istimewa)

Sudarmawa menjelaskan, perbekel se-Kabupaten Klungkung bertemu Nyoman Giri Prasta hanya sebatas audensi. Termasuk sebagai rasa terima kasih karena kelompok warga di desa-desa sudah banyak dibantu oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung melalui danah hibah.

Selain itu, perbekel juga menyampaikan permohonan BKK untuk pembangunan desa. Aspirasi para perbekel itu disambut baik Giri Prasta. Rencananya Badung akan menggelontorkan BKK senilai Rp1 miliar ke setiap desa di Klungkung pada anggaran perubahan 2024.

"Belum ada penyampaian nominal (BKK). Tapi bahasa Bapak Bupati (Giri Prasta), beliau akan membantu. Cuma kapan dan berapa belum tahu," ungkap Sudarmawa.

2. Pejabat eselon II ikut bertemu Giri Prasta, dan mengaku sebagai panitia karya Pura Kentel Gumi

Perbekel Klungkung Temui Giri Prasta, Bantah Manuver PolitikPerbekel di Klungkung bertemu Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta(Dok. IDN Times/istimewa)

Dalam video yang viral, beberapa pejabat di Klungkung juga ikut bertemu Giri Prasta. Sebut saja Camat Banjarangkan, Dewa Aswin, yang terekam video sedang mencium tangan Giri Prasta. Tampak juga hadir Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Klungkung, Dewa Putu Geriawan.

Ketika dikonfirmasi tentang pertemuannya dengan Giri Prasta, Griawan mengatakan kehadirannya dalam kapasitas dia sebagai panitia Karya Penyegjeg Gumi Panca Wali Krama Pura Agung Kentel Gumi.

“Kapasitas saya selaku panitia di Pura Kentel Gumi. Kan akan ada karya November ini kami mohon dukungan dana dari Pak Bupati Badung,” kata Geriawan.

3. Giri Prasta: Orang pintar banyak, tapi orang bares (darmawan) sedikit

Perbekel Klungkung Temui Giri Prasta, Bantah Manuver PolitikPerbekel di Klungkung bertemu Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta(Dok. IDN Times/istimewa)

Di hadapan para perbekel dan bendesa adat, Giri Prasta menyampaikan berdasarkan aspek filosofis sosiologis dan yuridis, Pemkab Badung diperkenankan memberikan bantuan keuangan kepada pemerintah desa di Kabupaten Klungkung. 

“Bagi saya, yadnya tertinggi itu ketika kita bermanfaat bagi orang lain. Di Bali banyak orang pintar dan orang berani, tapi sedikit orang yang bares (dermawan),” kata Giri Prasta dalam siaran resmi pers yang diterima IDN Times Bali.

Pada kesempatan itu, Giri Prasta turut mengyetujui proposal permohonan bantuan dana karya Penyegjeg Jagat Pura Kentel Gumi sebesar Rp2,8 miliar; proposal permohonan bantuan dana Karya dan Ngayum Sesuhunan Desa Adat Dawan sebesar Rp1,8 miliar. Ia juga secara pribadi memberikan bantuan dana Rp50 juta untuk kegiatan operasional Forum Perbekel Kabupaten Klungkung.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya