Jembatan Lembongan-Ceningan Bukan Prioritas Pembangunan

Selama ini akses Lembongan-Ceningan lewat Jembatan Kuning

Klungkung, IDN Times - Berkembangnya pariwisata di Kecamatan Nusa Penida belum didukung oleh infrastruktur yang memadai. Sebut saja Jembatan penghubung Pulau Lembongan dan Pulau Ceningan yang belum representatif.

Saat ini hanya ada Jembatan Kuning saja yang menghubungkan dua pulau tersebut. Tetapi jembatan ini hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki dan kendaraan roda dua.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung sudah lama merencanakan pembangunan Jembatan Kuning. Namun sampai sekarang belum terealisasi karena keterbatasan anggaran di daerah.

Sementara itu, di Pulau Ceningan telah rampung Pelabuhan Biar Munjul untuk menunjang perekonomian masyarakat sekitar.

"Pemkab Klungkung masih berproses untuk mewujudkan Jembatan Lembongan-Ceningan. Selain sebagai akses masyarakat, jembatan itu juga untuk menunjang keberadaan Pelabuhan Biar Munjul yang telah dibangun di Pulau Nusa Ceningan," ujar Penjabat (Pj) Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika, Rabu (1/5/2024).

1. Usulkan jembatan permanen untuk menunjang Pelabuhan Bias Munjul

Jembatan Lembongan-Ceningan Bukan Prioritas PembangunanPelabuhan Bias Munjul Nusa Penida. (Dok. IDN Times/istimewa)

Jendrika menjelaskan, jembatan yang akan dibangun itu rencananya akan dibuat permanen agar bisa dilalui kendaraan roda empat. Jembatan ini juga untuk menunjang keberadaan Pelabuhan Bias Munjul yang telah rampung dibangun 2022 lalu.

"Pelabuhan Bias Munjul tentu akan beroperasi maksimal ketika sudah ada jembatan permanen yang dapat dilalui kendaraan roda empat. Jembatan Kuning yang ada sekarang, hanya dapat dilalui kendaraan roda dua dan pejalan kaki," jelas Jendrika.

2. Pembangunan Jembatan Lembongan-Ceningan belum masuk rencana strategis Pemerintah Pusat

Jembatan Lembongan-Ceningan Bukan Prioritas PembangunanJembatan Kuning Lembongan-Ceningan. (Dok. IDNTimes/istimewa)

Jendrika berujar, Pemkab Klungkung sebenarnya telah membuat perencanaan hingga desain Jembatan Lembongan-Ceningan. Namun keterbatasan anggaran daerah membuat Pemkab Klungkung mengusulkan ini ke Pemerintah Pusat.

Pemkab Klungkung terus berkoordinasi dengan pusat agar bisa mewujudkan jembatan, yang menghubungkan kawasan wisata Pulau Lembongan-Ceningan tersebut. Dari hasil koordinasi itu baru diketahui, bahwa pembangunan Jembatan Lembongan-Ceningan belum masuk ke dalam rencana strategis Pemerintah Pusat.

"Kami tentu terus berusaha agar jembatan Klungkung-Lembongan menjadi prioritas di pusat," ungkap Jendrika.

3. Pemkab sebatas menganggarkan pembebasan lahan

Jembatan Lembongan-Ceningan Bukan Prioritas PembangunanJembatan Kuning Lembongan-Ceningan. (Dok. IDNTimes/istimewa)

Pemkab Klungkung hanya menganggarkan pembebasan lahan untuk tahun ini. Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Kawasan Permukiman (PUPRKP), I Made Jati Laksana, anggaran yang disiapkan sebesar Rp9 miliar untuk membebaskan lahan sekitar 19 are.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya